7 Tips Berhijab Agar Terlihat Lebih Keren Dari Ivan Gunawan

4098 views

Dailymoslem – Mengenakan hijab memang menjadi kewajiban bagi para wanita muslim. Allah telah membuat aturan untuk menutup aurat yang terdiri dari seluruh anggota badan kecuali telapak tangan dan wajah.

Dengan izin Allah, sekarang banyak sekali wanita yang mulai mau mengenakan hijab. Bahkan artis-artis yang sering tampil di layar kaca pun berbondong-bondong mengenakan hijab. Bukannya menjatuhkan namanya, para artis yang mengenakan hijab malah semakin kebanjiran job.

Ivan Gunawan sebagai seorang selebritis dan juga desainer pakaian ternama berkolaborasi dengan Zoya, label busana muslim paling populer di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Ivan Gunawan yang lebih akrab dipanggil Igun  menyiapkan 22 koleksi berkonsep santun namun tetap fashionable dan stylish yang diberi nama Crystal Blossom.

Dalam acara sneak peak koleksi Zoya yang dibuatnya tersebut, Igun juga memberikan tips bagi para wanita berjilbab agar selalu tampil tepat dalam segala suasana. “Meskipun saya enggak pakai hijab, saya mengerti bagaimana caranya agar para perempuan berhijab bisa terlihat menarik.” Ujar Igun. Berikut tips cantik dari Ivan Gunawan bagi para hijabers santun.

Sebaiknya tidak memaksakan mengenakan pakaian berlengan pendek meskipun dilapis manset

Lebih baik memilih pakaian berlengan panjang yang memang diperutunkan bagi wanita berhijab. Igun mengaku seringkali melihat wanita mengenakan baju berlengan pendek yang dilapis manset, kemudian bagian atas mansetnya mencuat begitu saja di tepi lengan baju pendek.

Hal itu membuat sebagian kulit lengan terlihat dan malah bertumpu tidak jelas. Sehingga menjadi tidak menarik. Igun mengatakan bahwa lebih baik jika ingin mengenakan gaya tumpuk, bisa dipadukan dengan vest atau outwear lainnya.

Pakai ciput ninja agar jilbab yang dikenakan terlihat lebih rapih dan benar-benar menutupi rambut

Kadang kala ada saja wanita yang jilbabnya tidak rapi. Rambut mencuat kemana-mana, jilbab yang tadinya rapi jadi mencong kemana-mana karena rambut menjadikannya licin dan tak bisa diam ditempat. Untuk mengatasi hal ini, Igun menyarankan untuk mengenakan ciput ninja.

Saya sarankan memilih ciput model ninja yang menutupi bagian rambut, kuping, dan leher. Jadi lebih mudah saat memkai hijab.” Tuturnya.

Jarum pentul yang banyak dan berwarna-warni malah akan membuat penampilan jadi tidak menarik

Memakai jilbab yang dibelit-belit memang membutuhkan jarum pentul yang lebih dari satu. Namun bijaklah dalam memkainya, jangan sampai terlalu banyak. Sebaiknya gunakan jarum pentul polos dan kecil agar terlihat lebih rapi. Jika mengenakan pentul yang memiliki bendul berwana-warni kepala kita malah terlihat sebagai pin holder.

Hindari penggunaan pakaian yang berlayer (bertumpuk) bagi mereka yang bertubuh subur

Igun mengaku seringkali menangkap kesalahan berjilbab yang dilakukan oleh wanita bertubuh besar. Menurutnya, wanita bertubuh besar sebaiknya mengindari gaya layer (tumpuk) saat berpakaian. Hal itu dikarenakan gaya layered akan membuat tubuh terlihat  lebih berat dan gemuk.

Muslimah yang bertubuh subur lebih dianjurkan mengenakan pakaian berwarna solid

Selain bentuk pakaian, warna pakaian pun harus diperhatikan. Karena warna yang dipilih memiliki pengaruh terhadap siluet tubuh. Bagi wanita yang memiliki tubuh gemuk, warna solid lebih baik dari pada warna-warna pastel.

Badan yang berisi ada baiknya menghindari warna-warna lembut atau pastel. Lebih baik pilih yang warnanya solid sekalian.” Ujar Igun.

Jangan terlalu terpaku dengan warna-warna kalem, cobalah untuk mengenakan warna cerah

Igun mengatakan seringkali menemukan bahwa muslimah di Indonesia tidak berani mengenakan warna-warna cerah sehingga terjebak dalam warna kalem atau gelap yang membosankan. Menurutnya, hijab dengan motif dan warna terang bisa mudah digabungkan dengan busana berwarna polos dan membuat penampilan makin modis.

Tetap ikuti aturan memakai hijab yang syar’i

Sekarang ini memang sering ditemui wanita berhijab namun memakai pakaian serba ketat hingga menampakan bagian tubuhnya. Padahal Allah sudah tegas menyebutkan untuk menutupkan jilbab hingga dada agar tidak terlihat lekukan tubuhnya.

Setuju dengan hal itu, Igun mengatakan bahwa sebaiknya wanita berhijab tetap harus mengikuti ketentuan syariah untuk berhijab. “Jangan pakai busana muslim tapi ketat, itu sama saja bohong.”

 

 

(Visited 6,592 times, 1 visits today)