7 Cara Hindarkan Baju Dari Bau Apek Di Musim Hujan

318 views Leave a comment
7 Cara Hindarkan Baju Dari Bau Apek Di Musim Hujan

Dailymoslem – Memasuki musim hujan, salah satu masalah yang banyak dihadapi ibu rumah tangga adalah pakaian yang bau apek karena tidak kering dan suasana yang lembap.

Masalah satu ini tentu bisa berakibat pada penampilan karena pakaian yang mengeluarkan bau tak enak. Untuk menyiasatinya, anda bisa melakukan 7 hal berikut ini.

Mencuci dengan Air Bersih

Pastikan Anda mencuci baju dengan air yang bersih dan tidak berbau. Di beberapa tempat ada air yang berbau besi atau bau-bauan tertentu karena buruknya kondisi air. Bau ini juga bisa tertinggal di baju hingga baju kering, lho.

Jangan Rendam Pakaian Terlalu Lama

Jika sudah memasukkan pakaian ke dalam air detergen, pastikan anda tidak menunda terlalu lama untuk mencucinya, apalagi sampai semalaman. Bau tak sedap juga biasanya datang dari detergen yang menempel terlalu lama di pakaian.

Gunakan Pewangi dan Pelembut Pakaian

Setelah mencuci dengan detergen, anda juga bisa menambahkan wewangian dengan pewangi dan pelembut pakaian yang biasanya digunakan saat membilas pakaian. Beberapa produk juga ada yang menawarkan kemampuan sekali bilas sehingga anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk membilas berkali-kali.

Jemur di Tempat yang Berangin

Di beberapa rumah, ada yang menempatkan penjemuran baju di dalam rumah dengan dindin transparan sehingga cahaya matahari bisa masuk. Di musim hujan saat matahari jarang muncul, sebaiknya jemur pakaian di tempat yang terkena angin segar.

(Baca juga:  Cara Mencuci Pakaian yang Benar)

Jangan Menumpuk Pakaian

Setelah pakaian kering, angin-anginkan sebentar kemudian lipat dengan rapi jika Anda tidak berencana untuk langsung menyetrikanya.

Langsung Setrika Pakaian

Anda juga bisa menghilangkan bau apek dengan cara langsung menyetrika pakaian yang sudah kering dijemur. Selain jadi rapi, penyetrikaan juga bisa membantu proses pengeringan baju dengan lebih sempurna.

Hemat Pakaian

Di musim hujan, sebaiknya hemat pakaian dengan cara menggantung lagi pakaian yang habis dipakai untuk bisa dipakai lagi. Jadi, Anda tidak perlu mencuci terlalu sering. Tapi, jangan terus pakai baju yang sama berkali-kali tanpa dicuci karnea bisa menyebabkan jamur.

Jemur dengan Menggunakan Hanger

Jika dijemur dengan cara digantung menggunakan hanger, maka pengeringan oleh angin akan lebih merata dibanding dijemur dingan cara digantungkan di tali.

(Baca juga: Cara Merawat Pakaian Sutra)

Beri Jarak Saat Menjemur Pakaian

Saat menjemur, beri juga jarak antara gantungan pakaian agar semua pakaian dapat mendapat angin secara merata.

Langsung Rendam Baju yang Basah Karena Kehujanan

Jika Anda kehujanan, langsung rendam dan cuci baju yang kebasahan, karena jika didiamkan terlalu lama dalam keadaan basah maka akan menyebabkan bau yang tidak sedap.

(Visited 403 times, 1 visits today)