6 Tanda Anak Memiliki Potensi Kecerdasan Luar Biasa

360 views Leave a comment
6 Tanda Anak Memiliki Potensi Kecerdasan Luar Biasa

Dailymoslem – Kecerdasan seseorang ternyata dapat terlihat sejak masih kanak-kanak. Seseorang yang memiliki bakat kepintaran, akan dapat dilihat sejak masih balita dari perkembangan berpikirnya yang lebih cepat dari yang lain atau dari perilaku-perilakunya sehari-hari. Berikut dailymoslem akan memaparkan beberapa ciri anak usia 2-4 tahun yang memiliki potensi kecerdasan.

Memiliki ketertarikan khusus pada suatu hal

 Anak balita yang memiliki ketertarikan pada suatu hal kemudian ia menjadi fokus dan merasa tertantang dengan hal yang lebih sulit dalam bidang tersebut menjadi salah satu tanda kecerdasan.

Misalnya anak sangat suka dan cenderung bertalenta pada hal artistik. Ia akan senang menggambar dan mencampurkan berbagai macam warna, mampu menggambar dengan jelas dan lain sebagainya.

Selain itu ada juga anak yang lebih mudah menghafal dan mengingat angka atau huruf, gambar-gambar hewan dan lain sebagainya.

Kemampuan bahasa yang sangat baik

Kecerdasan pada anak juga dapat dilihat dari cara anak berbicara, apakah ia mampu berbicara dengan kalimat lengkap lebih awal dari anak-anak sebayanya. Mereka juga mampu mendeskripsikan apa yang dirasakan dan setidaknya mampu menyampaikan apa yang mereka mau dengan struktur kata yang jelas.

Memiliki tingkat keingin tahuan yang tinggi

Biasanya anak yang berpotensi memiliki kecerdasan akan melontarkan banyak pertanyaan. Terkadang pertanyaan-pertanyaan yang mereka ungkapkan membutuhkan penjelasan yang cukup panjang sehingga membuat orang dewasa kewalahan. Bahkan beberapa diantaranya malah menyuruh anaknya diam.

Anak-anak yang kritis dan mampu berpikir lebih cepat, biasanya akan bertanya terus menerus tentang apa yang ia lihat dilingkungannya.

Anak dapat dikategorikan sangat aktif

Sangat aktif disini bukan hiperaktif. Anak hiperaktif tidak memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi, sedangkan mereka yang aktif dan cerdas mampu berkonsentrasi pada satu hal untuk waktu yang lama dan memiliki keinginan kuat untuk menyelesaikan sesuatu.

Terkadang memiliki teman imajiner

Anak dengan kondisi kecerdasan yang tinggi, akan mampu berimajinasi dengan sangat jelas. Oleh karena itu, biasanya mereka dapat menciptakan teman imajiner untuk menemaninya bermain.

Kemampuan mengingat dan menceritakan suatu hal dengan baik

Mereka akan mudah menyerap apa yang telah dilihat dan didengarnya. Mereka juga mampu menceritakan kembali apa yang telah mereka tonton sebelumnya dengan runut.

Baca juga:

Video Kelucuan Anak-Anak Zaskia Adya Mecca

10 Cara Bentuk Kecerdasan Anak Sejak Di Dalam Kandungan

Anak Kembar Ghaida Disebut-sebut Mirip Daehan Minguk Manse

Lucunya Sybill, Anak Zaskia Mecca Yang Suka Dandan

6 Hal yang Harus Dilakukan Ibu Hamil Agar Melahirkan Anak yang Jenius

 

 

(Visited 645 times, 1 visits today)