6 Kriteria Wanita Sholehah yang Dapat Kita Pelajari

123 views Leave a comment
6 Kriteria Wanita Sholehah yang Dapat Kita Pelajari

Dailymoslem – Mengingat segala dosa yang telah dilakukan selama ini, kita merasa bahwa diri ini masih jauh dari kata muslimah yang sholehah. Bagaimana tidak, sholehah diidentikan dengan seorang wanita yang tidak memiliki sifat buruk sedikitpun. Tutur bicaranya sopan dan lembut, tindakannya baik, amal ibadahnya mantap dan lain sebagainya.

Namun begitu, bagi kita yang masih dalam tahap belajar untuk menjadi wanita sholeha beberapa Kriteria mengenai wanita sholeha dalam surat AT-Tahrim ayat 5 ini bisa dijadikan patokan.

Jika Nabi menceraikan kamu, boleh jadi Tuhannya akan member ganti kepadanya dengan isteri yang lebih baik daripada kamu, yang patuh, yang beriman, yang taat, yang bertaubat, yang mengerjakan ibadah, yang berpuasa, yang janda dan perawan.” (Q.S AT-Tahrim: 5)

Patuh Terhadap Allah

Wanita Sholehah memiliki kepatuhan yang luar biasa kepada Tuhannya, ia tidak akan sanggup melakukan sebuah dosa karena merasa dirinya selalu diawasi. Ia juga benar-benar menyerahkan dirinya kepada Allah karena yakin bahwa hidup dan matinya hanya ada ditangan Sang Pencipta.

Memiliki Keimanan

Salah satu ciri wanita sholehah adalah memiliki keimanan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Keimanannya ini tidak mudah goyah meski digoda oleh cobaan yang menggelapkan mata. Tumbuhkan keimanan kepada Allah setiap hari, yakinlah bahwa segala yang terjadi adalah ketentuannya dan merupakan yang terbaik untuk kita.

Taat Kepada Allah

Wanita Sholehah senantiasa melakukan segala perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala. Ia selalu bersedia melakukan segala kewajibannya sebagai seorang hamba dengan niat hanya untuk Allah semata.

Senantiasa Bertaubat

Manusia tidak ada yang sempurna, se sholeh apapun adakalahnya melakukan kekhilafan yang akhirnya menimbulkan dosa. Meskibegitu, wanita sholeha akan berusaha agar Allah selalu mengampuninya dengan sering membaca istigfar dan bertaubat.

Selalu Beribadah

Mencerminkan ketaatannya kepada Allah, wanita sholehah selalu mengerjakan segala ibadah yang disukai oleh Tuhannya. Shalat tepat waktu, shalat sunnah, puasa, sedekah, membantu orang tua dan lain sebagainya.

Mengerjakan Puasa

Puasa merupakan salah satu ibadah yang cukup berat dimana seorang mukmin diharuskan menahan hawa napsunya dari terbit matahari hingga tenggelamnnya. Untuk memantaskan diri sebagai wanita sholeha ada baiknya untuk melengkapi puasa. Setelah mengerjakan puasa wajib maka kerjakan pula puasa sunnah senin-kamis dan puasa sunnah yang lainnya.

Setidaknya dengan memilih dari enam criteria tersebut kemudian mendalaminya, maka insya Allah kita akan termasuk kedalam wanita sholehah yang dijanjikan surga. Amin..

Baca juga:

Renungan untuk Para Istri Sholehah

Inilah Sifat Istri Sholehah yang Dapat Membawa Keselamatan Dunia-Akhirat untuk Keluarga

Suami Sholeh Adalah Harta Paling Berharga Bagi Seorang Istri

Subhanallah, Mereka Adalah Empat Wanita Yang Diagungkan Oleh Allah Subhana Wa Ta’ala

(Visited 1,067 times, 2 visits today)