6 Hal Yang Bisa Meningkatkan Kualitas Ramadan Untuk Orang Yang Super Sibuk

111 views Leave a comment
6 Hal Yang Bisa Meningkatkan Kualitas Ramadan Untuk Orang Yang Super Sibuk

Dailymoslem – Momen Ramadan menjadi salah satu waktu yang tepat untuk menumbuhkan kebiasaan baik yang mungkin tidak dilakukan di bulan-bulan lainnya. Misalnya seperti bertadarus setiap kali selesai shalat, melakukan shalat malam (terawih) setiap malam, hingga memperbanyak sedekah kepada oang yang membutuhkan.

(Baca juga: Masya Allah Inilah Yang Lebih Baik Daripada Khatam Al-Quran Berkali-kali Di Bulan Ramadan)

Sayangnya, keinginan tersebut terkadang terbentur dengan tuntutan pekerjaan yang menyita banyak waktu. Akhirnya, target untuk menyempurnakan shalat terawih setiap malam atau tadarus Al-Quran hanya menjadi angan-angan. Nah, berikut ini adalah ibadah-ibadah lain yang bisa dilakukan oleh orang yang super sibuk.

Bersedekah Setiap Hari

Jika tidak memiliki waktu untuk beribadah dengan khusyu dikarenakan pekerjaan yang sangat banyak. Kamu bisa ko beribadah dengan harta, yaitu bersedekah. Setidaknya setiap hari saat melihat fakir miskin di perjalanan menuju kantor atau pulang, berikan sedekah untuk meringankan kekurangannya.

Jika kamu ragu apakah orang itu benar-benar fakir miskin atau hanya berpura-pura, kamu bisa menyalurkan sedekah melalui organisasi amal yang terpecaya.

Memberi Makanan Pada Mereka Yang Berpuasa

Seperti yang kita ketahui bahwa menyediakanan  makan untuk orang yang berpuasa akan mendapatkan pahala sama dengan mereka yang berpuasa. Dengan begitu, bagilah sebagian harta untuk memberikan makan pada orang-orang yang puasa. Jika tidak memiliki harta yang terlalu banyak, satu box makanan untuk satu orang saja sudah cukup.

Perbanyak Istigfar

Istigfar adalah salah satu cara untuk memohon ampunan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Istigfar juga ternyata memiliki banyak keutamaan, beberapa diantaranya adalah memperbanyak rezeki, melapangkan hati, menenangkan hati yang resah hingga memperkuat kepribadian seseorang. allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

Bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema’afkan (kesalahan) orang lain. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan.

Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, segera mengingat Allah, lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya, dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa-dosanya selain Allah? Mereka pun tidak meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui.
Balasan bagi mereka ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Itulah sebaik-baik pahala bagi orang-orang yang beramal.”(QS. Ali Imran : 133 – 136)

Shalat Tepat Waktu

Meskipun jadwalmu padat, namun sebaiknya luangkan waktu untuk menunaikan shalat di awal waktu. Luangkan waktu sekitar lima menit kemudian lanjutkan kembali pekerjaanmu.

Fokus Pada Satu Target Perubahan

Perubahan besar dari buruk menjadi baik sepenuhnya memang bagus, tetapi sangat sulit untuk dilakukan. Begitupun dengan target-target di bulan Ramadan, banyak sekali orang menargetkan perubahan yang banyak seperti khatam Al-Quran lebih dari satu kali, memperbanyak shalat sunnah, juga menjalankan sunnah-sunnah Rasulullah yang lainnya, sayangnya target-tagret tersebut tidak terpenuhi semuanya.  Dengan fokus pada satu target saja, kita bisa lebih khusyu dan paham hikmah dari melakukan ibadah tersebut.

Jangan tidur lagi setelah subuh

Setelah selesai sahur dan shalat subuh godaan tidur memang sulit untuk ditolak. Apalagi kondisi di luar masih gelap. Meskipun begitu, usahaakan untuk tidak tidur lagi setelah shalat subuh. Kerjakan apapun yang harus dikerjakan, bereskan kamar, bersihkan karpet, cuci piring, tadarus atau mengerjakan bahan presentasi untuk nanti siang.

Ibnul Qayyim berkata, “Ada empat hal yang menghambat datangnya rezeki yaitu: tidur di waktu pagi, sedikit sholat, malas-malasan dan berkhianat“. (Zaadul Ma’ad)

 

Baca Juga:

Masya Allah Inilah Yang Lebih Baik Daripada Khatam Al-Quran Berkali-kali Di Bulan Ramadan

Hati-Hati Amal Ibadah Selama Ramadhan Bisa Lenyap Gara-Gara Ini

Hati-Hati Hal Ini Merupakan Kekeliruan Yang Seringkali Dilakukan Di Bulan Ramadhan

(Visited 66 times, 1 visits today)