5 Kiat Agar Dapat Menunaikan Ibadah Haji

678 views Leave a comment
5 Kiat Agar Dapat Menunaikan Ibadah Haji

Dailymoslem – Berhaji bisa dikatakan sebuah ibadah yang prestisius. Bagaimana tidak, kebanyakan orang yang melaksanakan ibadah haji adalah mereka yang memiliki kecukupan financial yang tinggi. Hal itu dikarenakan biaya keberangkatan serta biaya lain yang menunjang ibadah haji sangat besar.

Meski begitu, tidak menuntup kemungkinan bagi mereka belum memiliki kecukupan secara financial untuk melaksanakan ibadah haji. Pada dasarnya, Allah Subhanahu wa Ta’ala lah yang menentukan siapa saja yang berhak beribadah haji. Bukan hanya orang kaya saja, orang yang hanya bekerja sebagai pemulung pun ada yang memiliki kesempatan untuk berhaji.

Bahkan , orang-orang kaya pun ada saja yang tidak berkesempatan untuk berhaji. Entah karena memiliki penyakit yang tak memungkinkannya beribadah haji, atau kesibukan yang tiada henti ataupun hatinya tertutup untuk masalah ibadah sepert itu. Naudzubillah.

Oleh karena itu, jangan dulu berkecil hati. Ingat bahwa Allah selalu bersama prasangka hambanya. Tetap lah genggam cita-cita untuk pergi beribadah haji dan lakukan beberapa hal berikut ini.

Senantiasa Berdoa

Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan (doa) bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombng diri dari beribadah (berdoa) kepada-Ku, akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (Q.S Al-Mu’min: 60)

Berdoa merupakan senjata bagi seorang muslim, bagaimana tidak doa adalah salah satu cara agar seorang hamba terhubung dengan Sang Penguasa Dunia dan Akhirat. Allah tahu dengan pasti bahwa manusia memiliki kelemahan dan kekurangan, maka berdoalah agar Allah menyelesaikan masalah yang tak bisa kita selesaikan.

Salah satunya untuk melaksanakan ibadah haji itu. Sungguh hal tersebut adalah mudah bagi-Nya maka berdoalah dan jangan pernah berhenti percaya bahwa suatu saat doa itu akan dikabulkan.

Perbanyak Sedekah

Bersedekah tidak membuat harta yang dimiliki menjadi berkurang, melainkan terus bertambah. Menyedekahkan sebagian harta dengan ikhlas insya Allah akan memudahkan segala urusan kita termasuk urusan beribadah haji.

Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rizki) dan kepada-Nya lah kamu dikembalikan.” (Q.S Al-Baqarah: 245)

Selalu berikhtiar untuk mencari rezeki ditempat yang halal

Berdoa tanpa bekerja adalah bohong. Maka iringi doa-doa kita dengan ikhtiar yang halal. Dengan begitu Allah Subhanahu wa Ta’ala dapat melihat bahwa kita sungguh-sungguh dalam meminta sesuatu kepada-Nya.

Mulai membuka tabungan haji

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa ibadah haji memerlukan biaya yang cukup banyak. Dengan membuka tabungan haji maka langkah awal yang dilakukan sudah sangat benar. Selanjutnya Anda harus terus berikhtiar agar tabungan haji tersebut terus bertambah hari demi hari.

Selalu percaya bahwa Allah akan izinkan kita untuk naik haji

Allah bersama prasangka hambanya. Oleh karena itu, teruslah tanamkan dalam hati bahwa kita suatu saat akan dapat melaksanakan ibadah haji. Ya, dengan mensugestikan diri sendiri maka kita akan mendapatkan motivasi yang besar dari hari hari kehari.

(Visited 376 times, 1 visits today)