5 Kebiasaan yang Dapat Memengaruhi Kecerdasan

95 views Leave a comment
5 Kebiasaan yang Dapat Memengaruhi Kecerdasan

Dailymoslem – Ada beberapa hal yang dapat memengaruhi kecerdasan, di antaranya adalah makanan yang kita konsumsi dan juga kebiasaan kita berpikir dan menggunakan otak setiap hari.

Kebiasaan yang baik dalam berpikir dan menggunakan otak dapat membuat otak juga bekerja lebih baik lagi. Dilansir dari menshealth.com, 5 kebiasaan inilah yang dapat memengaruhi otak. Mau tahu apa saja dan seperti apa pengaruhnya? Intip di bawah ini!

Khawatir Tentang Uang

Siapa sangka, ternyata terlalu khawatir tentang uang dapat membuat kita menjadi lebih lambat mengambil keputusan, kurang bertanggung jawab dan juga menurunkan kemampuan otak untuk fokus. Menurut studi yang diterbitkan dalam The Journal Science merekomendasikan orang untuk membatasi pikiran mengenai keuangan dan membebaskan sedikit ruang otak untuk melakukan hal-hal lain yang lebih baik.

Membatasi Jaringan Sosial

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Oxford University, orang-orang yang jaringan sosialnya lebih besar memiliki otak yang lebih besar di bagian yang terhubung dengan tanggung jawab, pengambilan keputusan dan tindakan pelacakan lainnya. Orang yang punya banyak teman biasanya menggunakan bagian-bagian tertentu dari otak mereka untuk beradaptasi dan melangkah pada setiap tantangan.

Menggunakan GPS

Kebiasaan menggunakan GPS ternyata bisa meningkatkan kecerdasan otak. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University College London menemukan bahwa sopir taksi yang sering menggunakan GPS memiliki ingatan yang lebih baik karena meningkatnya materi abu-abu di bagian otak hippocamus. Para peneliti mengatakan bahwa setiap tugas yang menantang kemampuan mental dapat mengubah struktur otak dan meningkatkan daya ingat.

Tidur Siang

Tidur siang bukan hanya untuk malas-malasan, tapi juga untuk menumpuk energi dan mengasah kemampuan otak. Sebuah penelitian di Jerman meminta peserta untuk tidur siang selama 40 menit setelah belajar. Hasilnya, 85% dari peserta mendapat nilai ujian lebih baik dibandingkan mereka yang tidak tidur siang. Tidur setelah belajar bisa membantu mempercepat proses ketahanan informasi di otak.

Bertahan Pada Satu Hobi

Cara kerja otak menanggapi suatu latihan sama dengan cara kerja otot menanggapi latihan fisik. Misalnya jika kita melakukan hobi yang itu-itu saja, maka otak juga akan melakukan aktivitas yang itu-itu saja. Saat mencoba sesuatu yang baru, maka otak mendapat tantangan untuk lebih kuat.

Kesimpulan ini berdasarkan penelitian yang dilakukan Mind Research Network yang melihat respon orang terhadap permainan teka-teki. Otak mengumpulkan banyak glukosa saat diajarkan tentang suatu teka-teki. Glukosa dapat meberi energi pada otak untuk membantu meningkatkan koneksi saraf yang berujung pada peningkatan kemampuan belajar. Namun, hal yang sama tidak terjadi lagi setelah dilakukan berulang kali.

 

 

(Visited 158 times, 1 visits today)