5 Hal Yang Bisa Yakinkan Kamu Untuk Menjalani LDR Setelah Menikah

164 views Leave a comment
5 Hal Yang Bisa Yakinkan Kamu Untuk Menjalani LDR Setelah Menikah

DailymoslemJodoh mah jorok. Barangkali itu ungkapan umum yang dikatakan orang sunda mengenai fakta bahwa pasangan hidup tidak selalu berasal dari tempat yang diduga sebelumnya. Jorok bukan berarti dekil, kucel, kotor dan lain sebagainya namun lebih karena pertemuannya tidak terpikirkan sebelumnya.

Berpikir akan mendapat pasangan hidup dari daerah yang sama ternyata malah dari seseorang yang berasal dari daerah lain. Bisa juga ternyata pasangan hidupnya adalah teman kerja sendiri. Everything is possible when Allah say Kun fayakun. Namun, meski bahagia akhirnya menemukan tambatan hati yang mau bersama membangun rumah tangga yang diridhai, keraguan serta kekhawatiran muncul saat dihadapkan dengan kemungkinan hubungan jarak jauh karena alasan pekerjaan.

Mudahnya memang sang istri yang ikut tinggal bersama suami, tetapi hidup kadang bercerita lain. Entah itu karena kondisi yang tidak memungkinkan membawa istri ke tanah rantau atau sang istri yang juga memiliki tanggung jawab terhadap keluarga sehingga mengharuskannya tetap bekerja, atau masih harus menyelesaikan sekolah di daerah yang berbeda dan lain sebagainya.

Agar pernikahan bisa tetap diperjuangkan menuju sakinnah mawaddah warrahmah, beberapa hal ini seharusnya dilakukan oleh para pasangan yang akan menjalani hubungan jarak jauh karena alasan pekerjaan.

 

Ketahui dengan jelas pekerjaan pasangan

Sebelum memutuskan untuk menikah, ketahui dengan pasti pekerjaan pasangan. Apa yang menjadi alasan tinggal berjauhan, seberat apa pekerjaannya disana, bagaimana kebiasaannya saat bekerja (rush our, hari libur, waktu senggang dll). Hal ini dilakukan agar pasangan bisa saling menyesuaikan pola hidup masing-masing.

Meski berada di wilayah yang berjauhan, komunikasi tetap harus diutamakan. Namun merupakan hal yang tidak bijaksana jika kita memaksakan kehendak. Misalnya, karena di wilayah kita waktu menunjukkan pukul tujuh malam  yang merupakan waktu cukup senggang untuk bercakap-cakap kita langsung memaksa untuk menelpon padahal diwilayahnya saat itu merupakan rush our.

Dengan mengetahui kebiasaan di tempatnya bekerja, pasangan bisa sama-sama mencari solusi untuk menemukan waktu yang tepat untuk berkomunikasi serta berbagi perhatian dan juga semangat.

Bicarakan planning hidup bersama

Susun rencana untuk kehidupan bersama nanti. Misalnya, merencanakan waktu untuk pulang dan bertemu. Apakah cukup dengan hanya bertemu tiga bulan sekali dan hanya suami yang berkunjung ke daerah domisili istri atau bergantian. Rencanakan pula tentang masalah anak, bagaimana cara membesarkan anak dan agar anak tidak kehilangan sosok ayah. Juga rencanakan kapan kemungkinan dapat hidup bersama. Selain itu, bicarakan juga masalah financial yang seringkali menjadi masalah dalam sebuah rumah tangga.

Saat membicarakan hal ini, sebaiknya tidak berusaha menutupi hal-hal yang tidak disukai. Utarakan segalanya agar mendapatkan solusi yang tepat untuk kehidupan kedepannya.

Komitmen

Setelah mengetahui konsekuensi apa yang kemungkinan akan dialami dikemudian hari serta menyusun rencana untuk menghadapinya (yang tentunya dikembalikan lagi pada Allah Ta’ala) masing-masing individu harus menjaga komitmennya. Berusaha sebaik mungkin untuk tetap mempertahankan janji agung yang telah diambil apapun rintangannya.

Manajemen cemburu

Berhubungan jarak jauh memang membutuhkan kesabaran yang khusus, pasangan dituntut untuk saling percaya dan berusaha untuk tidak berbuat curang. Terkadang cemburu muncul dan sulit dikendalikan karena jarak yang membuat kita tidak bisa langsung membuktikannya.

Dalam hal ini keduanya harus senantiasa mampu mengendalikan perasaan cemburu. Selalu berpikir positif bahwa pasangan adalah orang yang setia dan kita pun harus membalasnya dengan kesetiaan yang sama. Ingat Allah memasangkan yang baik dengan yang baik dan begitu juga sebaliknya.

Berdoa pada Allah Ta’ala

Terakhir adalah selalu menyertakan Allah. Niatkan menikah karena Allah dan mintalah padanya agar diberikan pasangan hidup yang senantiasa mau bersama-sama mendekatkan diri kepada-Nya. Mintalah Allah untuk terus menjaganya dari segala macam keburukan dunia dan mintalah untuk dipersatukan dalam keridhaan yang menenangkan.

Saat Allah telah menyatukan hati dua manusia, maka tidak ada satupun hal yang bisa memisahkannya termasuk jarak ataupun waktu. Allah memberikan ujian sekaligus solusi yang kadang tidak disadari. Maka berbaik sangkalah pada-Nya, sesungguhnya skenario Allah selalu tepat dan indah.

Baca juga:

Tips Buat Cincin Nikah Hemat Tapi Berkualitas

5 Kesalahan Cukup Fatal Yang Sering Dilakukan Saat Mempersiapkan Pernikahan

Ketahui 3 Tanda Bahwa Si Dia Adalah Jodoh Kamu

(Visited 160 times, 1 visits today)