5 Fase Bagi Kamu Yang Akan Mulai Menggunakan Hijab

254 views
5 Fase Bagi Kamu Yang Akan Mulai Menggunakan Hijab

Dailymoslem – Sebagai wanita muslim, ada satu hal yang wajib kita pakai setiap hari yaitu hijab. Sehelai kain yang berguna menutup rambut agar tidak terlihat oleh lelaki yang tidak termasuk muhrim kita. Meskipun begitu, masih banyak wanita muslim yang belum terketuk hatinya untuk menggunakan hijab.

Beberapa dari mereka beralasan mengenakan hijab akan membuat dirinya nampak tidak fashionable atau terlihat seperti ibu-ibu. Namun, dengan revolusi hijab yang sedang bergerak sekarang ini banyak juga wanita muslim yang mulai tertarik bahkan mulai istiqomah mengenakan hijab.

Mereka yang mulai mengenakan hijab itu juga terlepas dari proses yang cukup panjang. Apa sajakah prosesnya?

Meyakinkan diri sendiri bahwa hijab bukanlah sebuah tuntutan namun kebutuhan seorang wanita

Tak bisa dipungkiri bahwa pada awalnya, wanita menganggap hijab adalah tuntutan agama yang harus dipatuhi. Padahal, hijab adalah sebuah bentuk kasih sayang Allah kepada para wanita. Dengan menutup tubuhnya dari pandangan lelaki yang bukan muhrim, insya Allah tidak akan terjadi hal yang tidak diinginkan oleh semua wanita.

Menjelaskan alasan mengenakan hijab kepada orang lain

Di Indonesia, mungkin yang mengalami point ini hanya segelintir orang saja. Sebutlah mereka yang bekerja di dunia entertainment atau mereka yang sehari-harinya berada di lingkungan non-hijab. Nah, bagi mereka yang berada di negara lain apalagi negara dengan islamophobia, point ini pasti jadi proses yang cukup melelahkan.

Kita harus menjelaskan bahwa hijab hanya menutup bagian tubuh yang diharamkan agama Islam agar tidak terlihat oleh non-muhrim. Juga meyakinkan bahwa kita masih menjadi diri kita sendiri meski sekarang tertutup hijab.

Membuang apa yang tidak kita butuhkan dan ganti dengan yang kita butuhkan

Laudya Chyntia Bella, salah satu brand ambassador Zoya pernah mengalami ini. Ia menjual dan memberikan pakaian-pakaiannya yang tidak mungkin lagi dikenakan saat dirinya mengenakan hijab. Mini dress, pakaian ketat, mini skirt dan pakaian lainnya yang tidak sesuai dengan syariat ia singkirkan.

Hal ini pastinya diiringi dengan mengumpulkan barang-barang yang diperlukan. Misalnya cardigan atau outer lainnya, hijab dengan berbagai macam warna yang dibutuhkan dan tentunya pakaian panjang yang longgar sesuai syariat dan style hijab yang kita pilih.

Mencari referensi hijab di media sosial

Di era global seperti sekarang, sudah banyak tutorial hijab yang di share oleh para hijabers cantik. Mulai dari video youtube, foto di Instagram, bahkan daily outfit di dalam blog. Nah, kamu bisa mendapatkan informasinya di artikel ini (4 Muslim Fashion Blogger Dari Berbagai Negara Yang Bisa Menginspirasi Kamu )

Mulai realitas baru dengan identitas muslim lengkap

Setelah meyakinkan diri sendiri dan mendapat penerimaan positif dari orang-orang disekeliling kita. Maka ini akan menjadi jauh lebih mudah untuk melakukan keseharian dengan menggunakan hijab. Pun jika ada beberapa orang yang memiliki tanggapan negative terhadap perubahan yang kita lakukan, teruslah ikuti kata hati bahwa ketentuan Allah adalah yang paling baik dan akan membawa kita kedalam keridhoan-nya.

Masya Allah, semoga kita diberikan hidayah untuk terus melakukan perbaikan diri dari hari-kehari hingga akhirnya berkumpul di dalam Jannah-Nya nanti. Amin ya Robbal alamin.

(Visited 371 times, 1 visits today)