5 Fakta Tentang Virus Zika yang Menggegerkan Dunia (+Video)

171 views Leave a comment
5 Fakta Tentang Virus Zika yang Menggegerkan Dunia (+Video)

Dailymoslem – Baru-baru ini, masyarakat dunia dihebohkan dengan menyebarnya virus Zika yang menyerang orang dewasa. Bila menyerang ibu hamil, virus ini bisa mengakibatkan ibu hamil tersebut melahirkan bayi yang mengalami penyusutan tulang tengkorak dan otak.

Kelainan yang dialami bayi penderita virus Zika ini juga akan terbawa hingga dewasa, bukan hanya memengaruhi kondisi fisik tapi juga kondisi mental anak.

Apa sebenarnya virus Zika ini dan bagaimana cara kita mengantisipasinya? Untuk dapat mengerti lebih mudah mengenai virus Zika ini, berikut ini 5 fakta tentang virus Zika yang sudah dirangkum dailymoslem.com dari huffingtonpost.com.

Negara-Negara Tempat Ditemukannya Kasus Virus Zika Terbaru 

Hingga saat ini, kasus-kasus virus Zika yang terbaru ditemukan di Amerika, Denmark, Finlandia, Portugal, Jerman dan Inggris. Selain itu, ditemukan juga kasus-kasus serupa di Minnesota, Texas, Hawai, Florifa dan Illinois yang diderita oleh orang-orang yang bepergian ke negara-negara yang terjangkit virus Zika.

Kasus Virus Zika di Venezuela

Pemerintah Venezuela telah mengkonfirmasi bahwa virus Zika telah menyebar di negaranya. Namun, hingga saat ini pemerintah Venezuela belum merilis data statistik penderita virus Zika di negaranya. Negara Venezuela bersebelahan dengan Brazil, dimana 4.000 bayi terlahir menderita virus Zika.

Penundaan Kehamilan untuk Pencegahan Virus Zika

Karena virus Zika bisa berdampak cacat permanen pada bayi, beberapa negara di Amerika Latin dan Karibia seperti Kolombia, Ekuador, El Salvador dan Jamaika merekomendasikan pada masyarakatnya untuk menunda kehamilan sementara waktu ini. Namun, Pemerintah Meksiko yang juga berada di kawasan Amerika Latin mengumumkan bahwa bagi mereka tidak ada alasan yang kuat untuk melakukan pencegahan penyebaran virus Zika dengan menunda kehamilan.

Virus Zika di Uganda

Virus Zika pertama kali ditemukan di Uganda pada tahun 1947. Virus ini pertama ditemukan pada monyet, kemudian ditularkan pada manusia melalui gigitan nyamuk. Namun, ahlo virologi di Uganda Virus Research Istitute menyebutkan bahwa belum ada tindakan serius di Uganda sendiri untuk mengatasi virus Zika, dilansir dari Associated Press.

Presiden Obama Ambil Tindakan

Virus Zika diperkirakan akan menyebar di Amerika saat iklim mulai menghangat. Karenanya, Presiden Obama mulai mengondisikan tim kesehatan di Amerika untuk mengembangkan penemuan vaksin atau pengobatan virus Zika secepatnya.

Kisah Gadis yang Terjangkit Virus Zika

Sumber: BBC Indonesia

(Visited 268 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS