5 Cara Merawat Mesin Cuci Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

303 views Leave a comment
5 Cara Merawat Mesin Cuci Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Dailymoslem – Berapa tahun waktu yang Anda butuhkan untuk mengganti mesin cuci? Jika mesin cuci harus selalu diganti dalam jangka waktu setahun sekali, berarti Anda telah salah merawatnya selama ini.

Agar mesin cuci bisa awet dan tidak mudah rusak, Anda bisa melakukan 5 hal ini dalam menggunakan mesin cuci.

Gunakan Deterjen yang Tepat

Terdapat beberapa tipe mesin cuci, berbeda tipe biasanya berbeda juga jenis deterjen yang disarankan untuk digunakan, juga takaran yang diperlukan. Gunakanlah deterjen dengan takaran yang disarankan oleh pabrik pembuat mesin cuci, biasanya terdapat di aturan pakai atau buku panduan. Penggunaan deterjen atau pewangi yang lebih dari takaran seharusnya dapat meninggalkan residu yang menyebabkan mesin cuci berjamur dan mudah rusak.

Taruh Di Tempat yang Kering

Beberapa orang menaruh mesin cuci di kamar mandi. Inilah yang membuat mesin cuci cepat rusak, karena selain mesin cuci basah saat digunakan mencuci, mesin cuci juga terkena cipratan air saat ada orang yang mandi. Anda bisa menaruh mesin cuci di laundry room yang terpisah dengan kamar mandi dan dekat dengan udara bebas. Mesin cuci yang diletakkan di tempat lembap dapat menyebabkan spar part-nya mudah berkarat dan menimbulkan korsleting.

Beban Cucian

Jangan terlalu lama menunda cucian yang ditaruh di dalam mesin cuci, karena mesin cuci yang ditimbun terlalu banyak dapat membuat mesin cuci mendapat beban terlalu berat. Setiap mesin cuci biasanya memiliki jumlah kapasitas maksimum daya tampung yang berbeda-beda, perhatikan hal ini.

Bersihkan Mesin Cuci

Bakteri yang menumpuk di mesin cuci karena pakaian yang bertumpuk bisa menyebabkan mesin cuci berjamur. Bersihkan mesin dari sabun yang masih menempel setelah digunakan mencuci dengan cara memutar mesin yang berisi air bersih. Jika ingin membersihkan jamur, gunakan cairan mouthwash untuk membersihkan mesin cuci.

Cabut Stekker Saat Tidak Dipakai

Seringkali kita membiarkan kabel tersambung ke colokan listrik saat mesin cuci dalam keadaan tidak digunakan. Kabel stekker yang terus tersambung ke sumber listrik saat mesin cuci tidak digunakan dapat menyebabkan korsleting. Selain itu, mencabut kabel stekker dari colokan listrik juga merupakan salah satu bentuk penghematan energi.

(Visited 310 times, 1 visits today)