5 Cara Alami Mengusir Kecoa dari Rumah

114 views Leave a comment
5 Cara Alami Mengusir Kecoa dari Rumah

Dailymoslem – Kecoa merupakan salah satu serangga pengganggu di rumah yang kedatangannya seringkali tidak disadari pemilik rumah. Meski kita┬átidak melihatnya berkeliaran, kecoa-kecoa itu bisa saja bersarang di daerah-daerah lembap di rumah, apalagi di musim hujan seperti sekarang ini.

Selain karena menjijikan dan menimbulkan penyakit, kecoa juga membuat rumah tinggal kita menjadi jorok dan bau. Berikut ini 5 cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengusir kecoa dari rumah.

Hilangkan Habitatnya

Kecoa merupakan hewan yang suka berada di area-area lembap dan berminyak. Maka, pastikan Anda seluruh area di rumah Anda kering dan bersih, atasi semua kebocoran air agar tidak ada habitat yang disukai oleh kecoa untuk bersarang.

Bersihkan Rumah Secara Menyeluruh

Jangan lewatkan sudut-sudut rumah yang mungkin lembap dan berminyak seperti di kolong bak cuci piring, kolong meja makan dan juga sudut-sudut rumah lainnya. Bersihkan juga sela-sela kompor dan lemari dapur yang biasanya terkena cipratan minyak saat memasak.

Simpan Rapat Semua Makanan

Hindari juga membiarkan makanan yang masih akan dimakan dalam keadaan terbuka, karena bisa mengundang kecoa mendatanginya. Tutup rapat semua makanan di dalam wadah kedap udara atau di bawah tudung saji. Hindari juga menumpuk piring kotor semalaman, pastikan semua sisa makanan sudah tidak berada di ruang terbuka sebelum Anda pergi tidur, karena di saat itulah hewan-hewan bergerilya mencari sisa makanan saat semua penghuni rumah tidak beraktivitas.

Pel Lantai

Bagian lantai merupakan bagian yang mudah menjadi lembap dan berminyak, apalagi lantai sekitar dapur yang terkena cipratan minyak, kemudian terbawa kemana-mana oleh setiap langkah kaki. Pastikan Anda mengepel lantai secara teratur setidaknya dua kali dalam seminggu.

Buang Sampah

Hindari menumpuk sampah terlalu lama di rumah, karena bisa menjadi tempat bersarangnya hewan-hewan jorok, termasuk kecoa. Pilih juga tempat sampah yang tertutup agar kotorannya tidak menyebar sembarangan. Namun, perhatikan kebersihan tempat sampah jika Anda memilih tempat sampah tertutup, karena kelembapan tempat sampah bisa mengakibatkan masalah lain. Jemur tong sampah setelah Anda membuang sampah agar kondisinya tetap kering, jangan lupa juga untuk melapisi tong dengan plastik sebelum mengisinya dengan sampah.

Semoga bermanfaat!

(Visited 111 times, 1 visits today)