5 Cara Agar Kakak Tidak Rewel Dan Cemburu Pada Adik Bayi

152 views Leave a comment
5 Cara Agar Kakak Tidak Rewel Dan Cemburu Pada Adik Bayi

Dailymoslem – Kehadiran buah hati yang baru menjadi kebahagiaan tersendiri bagi sebuah keluarga. Biasanya, fokus seluruh keluarga akan tercurah pada anggota baru tersebut. Semua orang cenderung ingin mengerumuninya, melihat tubuhnya yang mungil, wanginya yang khas serta senyumnya yang tiba-tiba mengembang meski sedang tertidur pulas.

Saat-saat seperti ini lah yang biasanya membuat sang kakak menjadi cemburu. Perhatian yang sebelumnya tertuju padanya berkurang bahkan hilang dalam semalam. Maka tak jarang, sang kakak mendadak bertingkah aneh bahkan membuat orang tua kesal.

Mengatasi hal ini, orang tua harus bersikap bijaksana. Jangan sampai, menghakimi kakak terlalu keras sehingga berdampak pada karakternya dimasa mendatang. Beberapa hal yang harus dilakukan oleh orang tua saat menghadapi anak yang cemburu pada adiknya adalah sebagai berikut ini.

Berikan pengertian sejak adik bayi masih dalam kandungan

Saat ibu mengandung, sebaiknya sang kakak diberikan edukasi mengenai adik bayi yang ada dalam perut ibu. Jelaskan bahwa dahulu, ia juga pernah berada dalam perut ibu. Ia juga sama dengan adik bayi yang nanti akan lahir. Rapuh, lemah dan butuh banyak pertolongan.

Sambil terus diberi pengertian, ajak juga sang kakak untuk turut memberikan pertolongan dan menjaga adik bayi jika nanti sudah dilahirkan. Dengan begitu, sedikit demi sedikit kakak akan paham posisi dirinya dalam keluarga dan rasa sayang terhadap adik pun akan tumbuh.

Libatkan kakak saat mengurus adik bayi

Setidaknya libatkan kakak untuk membantu mengambilkan popok atau apapun yang tergolong mudah. Dengan begitu, ia akan merasa dibutuhkan oleh sang adik. Dan dengan berjalannya waktu, ia juga akan mulai paham bahwa adik bayi bukanlah seseorang yang harus dicemburui.

Sebisa mungkin tidak mengurangi perhatian pada sang kakak

Sebagai manusia biasa, orang tua juga bisa tidak seimbang dalam memberikan perhatian. Adik bayi yang baru lahir biasanya sangat menarik untuk terus diperhatikan. Namun, sebagai orang tua yang baik harus terus belajar untuk adil pada anak.

Jika kakak rewel, berikan perhatian seperti biasanya. Berikan waktu khusus untuk berduaan dengan sang kakak, misalnya saat adik bayi sedang tidur. Hal ini dilakukan agar ia tahu bahwa kasih sayang orang tua kepadanya masih sama seperti dahulu.

Tetap berkepala dingin

Menghadapi masa dimana energi terkuras oleh adik bayi dan kakak yang cemburu memang sangat melelahkan. Pada kondisi itulah, orang tua khususnya ibu kadang menjadi emosi. Namun, sekali lagi pengendalian diri menjadi salah satu kunci agar semuanya tetap berjalan dengan baik atau setidaknya tidak memperburuk suasana.

Mengatasi kecemburuan kakak dengan emosi bukanlah adalah hal yang sangat buruk. Tidak hnaya memperburuk suasana, api juga karakter kakak dimasa mendatang akan ikut berubah. Entah itu cenderung lebih membangkang, selalu sensitif pada adiknya dan lain sebagainya.

Selalu berdoa kepada Allah

Segala sesuatu yang terjadi adalah kehendak Allah, maka dari itu mintalan pada-Nya untuk diberikan kekuatan dan diberikan anak-anak shaleh yang dapat menyenangkan hati. Doa agar diberikan anak penurut bisa dibaca di tautan berikut ini.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk mengatasi kakak yang cemburu pada adiknya. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Cara Mendidik Anak Agar Tak Sombong Saat Menang Dan Tak Minder Saat Kalah

Pelukan Ayah Selama Kanak-Kanak dapat Menguatkan Anak Hingga Dewasa

4 Cara Islam Mendidik Anak Agar Terhindar Dari Perilaku LGBT

(Visited 152 times, 1 visits today)