4 Kesalahan Yang Seringkali Dilakukan Saat Minum Ini Ternyata Bisa Hilangkan Manfaat Sehat Minum Air

98 views Leave a comment
4 Kesalahang Yang Seringkali Dilakukan Saat Minum Ini Ternyata Bisa Hilangkan Manfaat Sehat Minum Air

Dailymoslem – Meminum setidaknya delapan gelas air putih setiap hari, dipercaya dapat menjaga kesehatan tubuh. Saat tubuh kekurangan air, maka beberapa hal buruk seperti kurang konsentrasi, lemas, mengantuk berlebihan serta pusing bisa dialami oleh tubuh. Oleh karena itu banyak pakar menganjurkan untuk minum air setiap dua jam sekali saat haus maupun tidak.

Meski meminum air degan jumlah yang cukup merupakan hal yang baik untuk kesehatan, namun ternyata ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh manusia yang ternyata malah merusak manfaat minum. Apa sajakah kesalahan-kesalahan tersebut? Yuk simak pemaparannya berikut ini.

Minum air ditengah-tengah olahraga

Saat berolahraga, kita akan mengeluarkan keringat sebagai tanda bahwa sedang terjadi proses pembakaran lemak dalam tubuh. Hal terebut juga terjadi karena tubuh berusaha menormalkan suhu agar tidak terlalu panas. Dengan begitu, tubuh pun membutuhkan banyak cairan untuk menggantikan keringat yang keluar.

Namun minum terlalu banyak malah akan menimbulkan masalah. Perut akan kembung dan akhirnya terasa sakit saat bergerak. Oleh karena itu, minumlah satu atau dua teguk saja dan sebaiknya tidak langsung melanjutkan olahraga berat tetapi ambil waktu hingga lima menit setelah minum baru mulai berolahraga kembali.

Selain itu, sepuluh menit sebelum berolahraga ada baiknya untuk meminum segelas air. Hal ini akan membuat tubuh tidak cepat kelelahan dan menjaganya untuk tetap bugar selama berolahraga.

Terlalu banyak menenggak air dalam sehari

Dalam satu hari ginjal hanya mampu memproses kurang lebih 180 liter cairan tubuh. Kemudian sisa penyaringan dari ginjal akan dibuang melalui urine sekitar 1-1,5 liter perharinya. Besaran tersebut sama dengan 6-7 gelas. Sisanya, sebanyak 700-800 mililiter akan dikeluarkan melalui keringat. Oleh karena itu, manusia hanya membutuhkan sekitar 8 gelas dalam sehari. Lebih dari itu, maka ginjal akan lebih bekerja keras untuk proses filtering dan akhirnya menimbulkan masalah pada kesehatan.

Terlalu banyak mengkonsumsi minuman selain air putih

Menambahkan rasa pada minuman memang akan membuatnya lebih nikmat. Namun terlalu banyak mengkonsumsi minuman seperti teh, kopi atau soda malah akan membuat tubuh tidak sehat. Misalnya saja, minum kopi terlalu banyak malah memicu keinginan untuk buang air kecil terus menerus sehingga membuat dehidrasi. Selain itu, minuman berkarbonasi pun meningkatkan risiko terkena diabetes dikarenakan jumlah gula yang dikandung terlalu banyak.

Minum sambil berdiri

Hal ini tentu telah disampaikan oleh panutan umat muslim di seluruh dunia, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam. Beliau bersabda,

“Jangan kalian minum sambil berdiri, apabila kalian lupa, maka hendaknya dimuntahkan,” lantas seorang sahabat yang bernama Qotadah bertanya, “Bagaimana dengan makan?”. Beliau menjawab, “Itu lebih buruk lagi”. (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Menurut pakar kesehatan, minum sambil berdiri sangat berakibat fatal pada ginjal. Hal ini dikarenakan

sfringer (jarinagn otot maskular yang bisa menutup dan membuka secara otomatis) pada ginjal hanya terbuka saat manusia sedang duduk.

“Air yang kita minum akan disalurkan pada pos-pos penyaringan di ginjal. Filter penyaring ini terbuka disaat kita duduk dan tertutup disaat berdiri,” ujar dr. Andri Setiawan seperti dikutip dari kompasiana.
Nah, dengan mnegtahui fakta-fakta tersebut sebaikya kesalahan yang sampai saat ini masih sering dilakukan harus segera ditinggalkan demi kesehatan tubuh yang lebih baik. Semangat!

Baca juga:

Manfaat Minum Air Putih Di Pagi Hari

5 Manfaat Minum Air Lemon untuk Kesehatan

Bersihkan Gigi Dengan Meminum Air Teh

Manfaat Susu Kunyit Bagi Tubuh

 

(Visited 87 times, 1 visits today)