4 Hal Positif Dari Kensendirian Saat Menanti Imam Yang Tepat

127 views Leave a comment
4 Hal Positif Dari Kensendirian Saat Menanti Imam Yang Tepat

Dailymoslem – Menanti seseorang paling tepat yang akan mendampingi di sisa waktu hidup kita memang menjadi salah satu penantian yang paling panjang dan  membuat harap-harap cemas. Beberapa ujian datang silih berganti, menawarkan masa depan yang seolah tampak pasti. Namun jika Allah belum berkata ‘Ya’ maka sebaik apapun masa depan yang ditawarkan, belum juga dapat membawa seseorang ke pelaminan.

Alhasil, banyak muslimah yang berlarut-larut cemas, galau bahkan hampir putus asa.  Sebagian lupa bahwa masih banyak hal berguna yang bisa dilakukannya saat menunggu ‘Mr. Right‘ datang. Sehingga masa penantian tidak hanya berbuah rasa cemas namun dapat menjadikan kita sebagai muslimah yang lebih baik lagi. Di bawah ini adalah beberapa hal positif yang dimiliki oleh muslimah single sebelum menikah.

Memiliki waktu untuk meningkatkan kemampuan diri

Seringkali kita dengar bahwa setelah menikah, wanita kekurangan waktu untuk melakukan berbagai aktivitas. Waktunya terbagi untuk mengurus keluarga dan pekerjaan. Sedikit sekali waktu yang tersisa untuk mempelajari sesuatu baru yang membutuhkan fokus yang lebih. Oleh karena itu, sebelum menikah pergunakan waktu sebaik mungkin untuk banyak belajar mulai dari hal-hal yang dapat meningkatkan keimanan hingga masalah pekerjaan.

Perbanyak kegiatan untuk lebih mengenal Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Rasulnya. Cintai Allah sepenuh hati, maka Allah tidak akan pernah membuat kita kecewa.

Berbakti kepada orang tua sepenuhnya

Sebelum menikah, kita sendiri yang memutuskan segala sesuatunya. Pergunakan sebaik mungkin untuk berbakti kepada kedua orang tua, karena setelah menikah diri kita menjadi miliki suami dan segala sesuatunya harus berdasarkan izinnya. Oleh karena itu sebelum menikah, pergunakan waktu untuk berbakti kepada orang tua sebaik-baiknya. Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

“Maukah aku beritahukan kepadamu dosa besar yang paling besar?” – Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata tiga kali–. Kami (para Shahabat) menjawab, “Tentu, wahai Rasûlullâh.” Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Menyekutukan Allâh dan durhaka kepada kedua orang tua.”

Oleh karena itu, sambil menunggu kedatangan Mr. Right yang akan menuntunmu dalam bahtera rumah tangga, berbaktilah kepada orang tua sebisa dan sebaik yang kita bisa.

Memiliki cukup waktu untuk mengamati dan belajar tentang pernikahan

Pernikahan memang tidak dirancang untuk hanya menghimpun kebahagiaan saja. Didalamnya ada banyak konflik yang harus diselesaikan oleh pasangan sebaik mungkin. Tidak sedikit pasangan yang menyerah saat melakukannya. Nah, oleh karena itu dalam masa penantian ini perbanyak ilmu mengenai pernikahan tegaskan pada diri sendiri bahwa menikah tidak hanya menyediakan hal yang indah-indah saja.

Buka diri untuk banyak sharing dengan mereka yang sudah berpengalaman. Ambil hikmah sebanyak-banyaknya agar kita siap jika terhadang masalah di masa mendatang.

Perbanyak berdoa untuk sesama muslim dengan ikhlas

Doa adalah cara manusia berkomunikasi dengan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Maka berdoala sebanyak mungkin dan ungkapkan dengan jelas apa yang sebenarnya kita inginkan. Disamping itu, doakan saudara-saudara kita dengan ikhlas, dengan begitu malaikat Allah akan senantiasa berucap agar kita juga mendapatkan kebaikan dari doa-doa tersebut.

Dari Ummu Darda’ dan Abu Darda’ Radhiyallahu ‘anhuma bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Doa seorang muslim untuk saudaranya (muslim lainnya) yang tidak berada di hadapannya akan dikabulkan oleh Allah. Di atas kepala orang muslim yang berdoa tersebut terdapat seorang malaikat yang ditugasi menjaganya. Setiap kali orang muslim itu mendoakan kebaikan bagi saudaranya, niscaya malaikat yang menjaganya berkata, “Amin (semoga Allah mengabulkan) dan bagimu hal yang serupa.” (HR. Muslim)
Jadi, sebelum takdir menyatukan kita dalam perjanjian yang agung gunakan kesendirian untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat. Perbaiki diri sebaik mungkin, cintailah orang-orang disekitar, dan terus buatlah lingkungan positif dengan sesama.
Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Nasihat Bagi Wanita Maupun Pria Yang Akan Menikah

Solusi Nyata Untuk Para Single Mulia Yang Belum Bertemu Jodoh

Inilah Ikhtiar Yang Bisa Dilakukan Muslimah Untuk Menjemput Jodoh Impian

(Visited 164 times, 1 visits today)