4 Gejala Ini Adalah Tanda Akan Terjadinya Menopause

852 views

Dailymoslem – Salah satu tanda bahwa seorang perempuan telah baligh dan segala amalannya dicatat adalah dengan adanya haid atau menstruasi. Secara umum menstruasi pertama kali akan terjadi antara umur 11 hingga 14 tahun. Haid atau menstruasi memiliki siklus rata-rata 28 hari, namun ada juga yang memiliki siklus haid 21 hari hingga 30 hari.

Menstruasi yang selalu datang setiap bulan ini pun dapat berhenti terjadi. Menopause atau berhentinya siklus menstruasi ini biasanya dialami oleh perempuan usia 40 tahun ke atas. Kebanyakan perempuan yang mengalami hal ini tidak mengetahui apakah saat menstruasi tertentu benar-benar merupakan menstruasi terakhirnya atau bukan, bahkan hingga satu tahun berlalu. Nah, berikut ini adalah beberapa gejala bahwa seorang wanita akan mengalami menopause.

Siklus Menstruasi Sangat Tidak Teratur

Gejala ini paling sering dialami oleh kebanyakan wanita. Siklus yang tidak teratur ini ditunjukan dengan lamanya menstruasi, banyaknya darah yang keluar atau jarak dari menstruasi ke menstruasi berikutnya. Pada gejala ini mungkin Anda akan mengalami menstruasi yang berlangsung lebih dari 8 hari dengan kuatitas darah yang sangat banyak. Siklus menstruasi juga jadi tidak menentu, bisa jadi Anda mengalami siklus yang kurang dari 21 hari atau bahkan Anda tidak mengalami menstruasi selama 6 bulan.

Kesulitan Tidur

Sulit tidur nyenyak atau Insomnia juga menjadi salah satu gejala menopause yang sering terjadi. Biasanya gejala ini menjadi gejala awal terjadinya menopause. Sebaiknya hindari makanan atau minuman yang mengandung kafein tinggi dan lakukan latihan relaksasi untuk menanggulangi terjadinya gejala ini.

Hot Flashes

Hot Flashes atau berkas panas adalah gejala klasik akan datangnya menopause. Gejala ini ditandai dengan sensasi hangat hingga terbakar yang tiba-tiba muncul di hampir seluruh bagian tubuh terutama dada, wajah dan kepala. Gejala ini juga kadang disertai dengan keringat, perasaan cemas dan detak jantung yang cepat.

Perubahan Pada Alat kelamin

Perubahan pada daerah kelamin ini terjadi karena adanya perubahan pada hormon estrogen. Hal ini dikarenakan hormon estrogen memegang peranan pernting pada fungsi kelamin perempuan seperti rahim, kantong kemih dan saluran kencing. Olehkarena itu, saat seseorang akan mengalami menopause, daerah kemaluan akan sering mengalami iritasi, gatal, dan sulit menahan pipis.

Hal-hal diatas merupakan beberapa gejala akan terjadinya menopause pada seorang perempuan. Tetap lakukan kebiasaan-kebiasaan sehat agar tubuh Anda tetap bugar hingga usia tak lagi muda.

(Visited 1,684 times, 1 visits today)