4 Bahan Berbahaya Dalam Kosmetik Ini Bisa Sebabkan Kanker

3600 views

DailymoslemMake-up memang dianggap sebagai pahlawan oleh wanita karena bisa membantu menyembunyikan kekurangan pada penampilan. Dengan trik yang tepat wanita yang asalnya terlihat chubby setelah memakai make-up bisa terlihat lebih tirus. Namun dibalik itu semua, ada bahan kosmetik yang ternyata ilegal dan berbahaya masih digunakan oleh beberapa perusahaan kosmetik di Amerika.

One Green Planet menyebutkan beberapa bahan berbahanya tersebut adalah:

Formalin

Formalin adalah zat yang digunakan untuk mengawetkan mayat. Cek apakah produk kosmetik yang digunakan mengandung bahan DMDM Hydantonin, diazolidinyl urea, imidazolidinyl urea, methenamine dan quatenium-15 atau tidak. Bahan-bahan tersebut melepaskan sejumlah kecil formalin yang dianggap sebagai karsinogen oleh Badan Internasional untuk Penelitian Kanker.

DEP

Aroma yang manis seperti buah atau permen yang terkandung dalam kosmetik dapat memicu alergi dan asma. Waspada jika menemukan bahan bernama diethylphthalate atau DEP. Bahan ini sangat berbahaya jika digunakan dalam wewangian kosmetik.

BHT dan BHA

Kedua zat ini adalah bahan pengawet yang kerap digunakan dalam make-up. Badan Internasional untuk Penelitian Kanker telah mengklasifikasi BHA sebagai karsinogen sedangkan Program Lingkungan PBB menyatakan bahwa BHT memiliki potensi untuk bioakumulasi dalam spesies air.

Paraben

Paraben adalah zat yang digunakan dalam wadah maskara yang memiliki warna seperti pink, hitam, hijau atau oranye. Paraben juga disalahgunakan sebagai pengawet kosmetik, padahal akan menimbulkan sesuatu yang bahaya. Uni Eropa sendiri sudah melarang penggunaan paraben sebagai pengawet kosmetik.

(Visited 2,349 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]