4 Amalan Paling Istimewa Dibulan Dzulhijjah

274 views Leave a comment
Bedanya Puasa Dzulhijjah, Puasa Arafah dan Puasa Tarwiyah Di Bulan Dzulhijjah

Dailymoslem – Seperti yang kita ketahui bahwa ada ibadah yang istimewa di bulan Dzulhijjah yaitu Ibadah Haji dan berkurban. Pada tulisan yang lalu mengenai keutamaan bulan Dzulhijah, telah dijelaskan bahwa bulan ini memang termasuk kedalam waktu yang istimewa. Seperti sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam,

Dari Ibnu Abbas ra berkata, Rasulullah saw. bersabda, ”Tiada hari dimana amal shalih lebih dicintai Allah melebihi hari-hari ini –yaitu sepuluh hari pertama Dzulhijjjah.“ Sahabat bertanya, ”Ya Rasulallah saw, tidak juga jika dibandingkan dengan jihad di jalan Allah?“ Rasul saw. menjawab, ”Tidak juga dengan jihad, kecuali seorang yang berjihad dengan jiwa dan hartanya serta tidak kembali (gugur sebagai syahid).” (HR Bukhari)

Nah, agar waktu istimewa ini tidak terlewat sia-sia maka berikut ini adalah amalan-amalan utama yang sebaiknya dilakukan.

Berpuasa

Salah satu cara agar setan tidak menyusup pada aliran darah adalah dengan berpuasa. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah,

Sesungguhnya setan itu menyusup dalam aliran darah anak Adam. Maka persempitlah jalan masuknya dengan lapar (puasa)” (HR. Bukhari dan Muslim)

Pada 10 hari di bulan Dzulhijjah ini, disunahkan untuk berpuasa dari tanggal awal bulan hingga hari kesembilan. Rasulullah ketika itu menganjurkan untuk memperbanyak amal shaleh dan puasa adalah sebaik-baiknya amal shaleh.

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam biasa berpuasa pada Sembilan hari awal Dzulhijjah, pada hari Asyura (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya.” (HR. Abu Daud)

Memperbanyak Dzikir dan Tabir

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan.” (Q.S Al-Hajj: 28)

‘Hari yang telah ditentukan’ pada potongan ayat diatas adalah sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah sesuai dengan penafisran dan pendapat para jumhur ulama.

Cara bertakbir yang diajarkan adalah dengan ucapan Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa ilaha illallah, Wallahu Akbar, Allahu Akbar, Walillahil Hamd.

Takbir juga dapat dilakukan dengan dua cara yaitu takbir muthlaq  yaitu takbir yang tidak dikaitkan dengan waktu dan tempat tertentu. Sehingga boleh dilakukan di manapun. Khusus untuk laki-laki, takbir ini dilakukan dengan cara mengeraskan suara.

Kedua adalah takbir yang bersifat muqoyyad, yaitu takbir yang dikaitkan dengan waktu tertentu. Misalnya dilakukan setelah saat wajib berjamaah.

Menunaikan Ibadah Haji dan Umrah

Menunaikan Ibadah haji adalah salah satu ibadah utama yang dilakukan pada bulan Dzulhijjah. Oleh karena itu, jutaan ummat muslim pasti memenuhi mekkah pada waktu-waktu tersebut. Bahkan Rasulullah mengatakan bahwa berhaji adalah jihad yang paling utama.

Wahai Rasulullah, kami memandang bahwa jihad adalah amalan yang paling afdhol. Apakah berarti kami harus berjihad?” “Tidak. Jihad yang paling utama adalah haji mabrur.” Jawab NAbi Shallallahu Alaihi wa Sallam.” (HR. Bukhari)

(Baca Juga: CCTV Masjidil Haram Rekam Detik-Detik Crane Timpa Jemaah Haji)

Berkurban

Memotong binatang ternak seperti unta, kambing dan sapi menjadi salah satu amalan utama pada bulan Dzulhijjah. Perintah berkurban ini bahkan langsung di sampaikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala melalui firman-Nya,

Maka dirikanlah shalat karena Rabbmu dan berqurbanlah.” (Q.S Al-Kautsar: 2)

Penjelasan mengenai kurban dan keutamaa-keutamaannya dapat dilihat disini.

Nah, dengan mengetahui beberapa amalan yang utama dilakukan pada bulan Dzulhijjah ini akan mendorong kita untuk melakukan ibadah jauh lebih baik lagi.

 

 

 

(Visited 252 times, 1 visits today)