4 Alasan Umat Muslim Sebaiknya Tidak Ikut Merayakan April Mop

724 views

Dailymoslem –

Setiap tanggal satu april, masyarakat dunia terutama barat biasanya melakukan keseruan April Mop atau juga yang dikenal dengan nama April Fool Day. Di hari ini, biasanya orang membuat kelucuan dengan cara membohongi atau mengerjai orang lain.

Beberapa orang menganggap April Mop atau April Fool Day ini sebagai keseruan semata, untuk menciptakan tawa dan bersenang-senang. Tapi, bagaimana pandangan Islam mengenai April Mop ini?

Seperti dikutip onislam.net, seorang ulama terkenal Syekh Yusuf Al-Qradawi berkata bahwa berbicara kebohongan bukanlah sikap yang baik untuk dimiliki seorang muslim. Seperti juga yang dikatakan Rasulullah Salallahu ‘Alaihi wa Salam bahwa berbohong merupakan salah satu ciri orang munafik.

Rasulullah Salallahu ‘Alaihi wa Salam bersabda:

 “Ada tiga ciri orang munafik: bila berkata dia berbohong, bila berjanji dia mengingkarinya, dan bila diberi amanah dia akan mengkhianatinya.”

Selain itu, Rasulullah juga mengingatkan kita bahwa orang yang membuat kelucuan dengan berbohong adalah orang yang celaka.

“Celakalah pada siapa pun yang berbicara untuk menghibur orang-orang dengan berbohong , celakalah dia , celakalah dia … ” ( Abu Dawud, At- Tirmidzi dan An- Nasa’i)

“Salah satunya adalah tidak dianggap benar-benar beriman sampai dia meninggalkan berbohong untuk bersenang-senang dan berdebat bahkan jika ia mengatakan yang sebenarnya ” (Ahmad dan At- Tabrani)

Dan juga

“Tidak diperbolehkan bagi siapa pun untuk menakut-nakuti seorang Muslim ” (Abu Dawud)

Maka, dari beberapa hadist di atas, dapat dikatakan bahwa April Mop dalam Islam tidak diperbolehkan karena:

  1. Berbohong adalah hal yang jelas dilarang dalam Al-Qur’an dan Sunnah.
  2. Lelucon yang dilakukan mungkin akan menyebabkan kesedihan dan rasa takut bagi orang lain meski mungkin hanya untuk satu jam saja.
  3. Membuat kelucuan dengan membohongi orang sama saja mempermainkan kepercayaan yan sudah orang berikan kepada kita.
  4. Bahwa kebiasaan membuat kekonyolan dengan berbohong atau mengerjai orang lain bukanlah milik kita orang muslim.

Maha Suci Allah yang mengetahui segala sesuatu.

(Visited 299 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]