3 Makanan Sehat Ini Ternyata Harus Diwaspadai

125 views Leave a comment
3 Makanan Sehat Ini Ternyata Harus Diwaspadai

Dailymoslem – Manusia hidup memang membutuhkan makanan sebagai penunjang kehidupan. Ya, makanan serta minuman adalah sumber energi yang nantinya akan diolah tubuh sebagai tenaga untuk bergerak, berpikir dan melakukan aktivitas lainnya. Meskipun sangat bermanfaat, namun Allah sebagai pencipta manusia telah memberitahukan untuk tidak berlebih-lebihan dalam mengkonsumsi makanan. Allah berfirman,

Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan (QS. Al-A’raf: 31)

Berebih-lebihan tidak baik dilakukan, termasuk mengkonsumsi makan-makanan yang dianggap bergizi berikut ini.

Daging

Mengadung protein yang baik untuk tubuh, asupan daging memang diperlukan untuk kesehatan. Namun tetap saja, mengonsumsi daging terlalu banyak ternyata tidak baik untuk ginjal. Hal ini dikarenakan kerja ginjal meningkat lebih berat karena asupan protein yang tinggi. Dan pada akhirnya limbah pada tuhu sulit untuk dipisahkan oleh ginjal.

Susu

Terlalu banyak mengkonsumsi produk susu ternyata dapat meningkatkan ekskresi kalsium dan urin yang pada akhirnya meningkatkan risiko batu ginjal lebih besar.

Garam

Salah satu zat yang membuat makanan lebih nikmat ini ternyata tidak baik untuk dikonsumsi terlalu banyak. Para penggiat makanan sehat malah merekomendasikan untuk tidak menggunakannya dan hanya memanfaatkan rasa asin asli dari bahan makanan yang diolah. Garam yang terlalu banyak akan membuat ginjal menahan air agar elektrolit dalam darah menjadi cair guna menjaga jantung agar berfungsi dengan baik. Jika ginjal sudah mulai rusak, maka tekanan darah akan meningkat.

Nah itulah tiga diantara makanan yang sebaiknya dijaga agar tidak dikonsumsi terlalu banyak. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

7 Makanan Sehat Ini Dapat Memerangi Dampak Buruk Dari Junkfood Pada Tubuh

Makanan Sehat Yang Bantu Turunkan Berat Badanmu

7 Makanan Buatan yang Perlu Diwaspadai untuk Kesehatan

(Visited 151 times, 1 visits today)