3 Kesalahan Orang Tua Yang Akan Membuat Anak Kehilangan Kepercayaan Diri

103 views Leave a comment
3 Kesalahan Orang Tua Yang Akan Membuat Anak Kehilangan Kepercayaan Diri

Dailymoslem – Mendidik anak tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Selayaknya manusia lainnya, anak-anak juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Ada yang jago dalam matematika, seni atau bahkan masak memasak. Semua kelebihan dan kekurangan tersebut harus menjadi patokan bagiamana mendidik anak agar tubuh menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Terkadang, sebagai orang tua yang juga masih belajar adakalanya merasa kesal karena kelakuan anak. Sudah berkali diajari masih saja tidak mengerti. Tak jarang orang tua salah bicara sehingga membuat anak sedih bahkan merubah pola berpikirnya hingga beberapa tahun kedepan. Nah, apa saja tindakan yang dapat membuat rasa percaya diri anak hancur? Berikut penjelasannya.

Marah dan melengkingkan suara ketika anak salah

Marah memang respon yang wajar saat mendapatkan siatuasi yang menjengkelkan. Namun, ketika berusaha mengajari anak sesuatu misalanya berhitung sudah seharusnya kita sebagai orang tua dapat menahan emosi. Semakin kita memojokan anak dengan suara keras saat mengajar, semakin sulit mereka menyerap pelajaran.

Saat seorang anak memiliki kondisi psikis yang baik, tanpa mendapat tekanan atau ancaman mereka akan lebih mudah untuk belajar. Berbeda dengan mereka yang berada di bawah ancaman. Bukannya menyerap pelajaran mereka malah merasa takut dan enggan belajar.

Tidak memberikan kepercayaan jika anak ingin membantu sesuatu

Sebagai orang tua, khawatir terjadi hal buruk pada anak saat membantu mengerjakan sesuatu memang sangat wajar. Namun, sebaiknya berikan kepercayaan saat anak ingin membantu pekerjaan kita. Berilah ia pekerjaan yang paling aman, misalnya mengelap meja atau mengganti sarung bantal. Jangan sampai menolak bantuan anak dengan kata-kata kasaratau bahasa tubuh yang menyiratkan bahwa si anak tidak akan mampu. Hal itu malah membuatnya tidak berkembang atau bahkan memiliki sifat cuek nantinya.

Memabdingkannya dengan anak lain

Setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Saat seorang anak tidak terlalu pintar dalam matematika, mungkin mereka hebat dalam bidang seni. Oleh karena itu, sebaiknya tidak membandingkan dengan anak lain. Misalnya dengan tentangga yang lebih pintar dalam hal akademis, karena hal ini akan menghancurkan rasa percaya dirinya. Bahkan ia akan merasa rendah diri hingga dewasa.

Baca juga:

Subhanallah, Inilah Ganjaran Untuk Mereka yang Mampu Menahan Amarah

7 Hal Akan Dirindukan Seorang Ibu Saat Anaknya Mulai Tumbuh Besar

Faktor-Faktor yang Menyebabkan Anak Menjadi Pemarah dan Pendendam

(Visited 248 times, 1 visits today)