3 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Menjelang Proses Persalinan

136 views Leave a comment
3 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Menjelang Proses Persalinan

Dailymoslem – Waktu persalinan yang semakin dekat menjadi salah satu hal yang membuat seluruh ibu hamil senang sekaligus cemas. Senang karena buah hati akan segera lahir ke dunia dan cemas akan hal-hal buruk yang mungkin saja terjadi.

Pada dasarnya kecemasan tersebut merupakan sebuah hal yang wajar dialami oleh ibu hamil, apalagi jika merupakan pengalaman untuk pertamakalinya. Namun, jangan sampai kecemasan tersebut bertambah besar sehingga persalinan normal sulit dilakukan. Nah, untuk meminimalisir masalah saat melakukan persalinan normal beberapa hal ini sebaiknya tidak dilakukan.

Banyak mendengarkan pengalaman buruk melahirkan

Proses melahirkan adalah hal yang paling membahagiakan yang bisa dialami oleh seluruh wanita. Melihat si kecil yang selama ini hidup dalam perut untuk pertama kali dan mengetahui ia ada dalam kondisi sehat dan sempurna akan melenyapkan rasa sakit yang telah dilalui. Bahkan suara tangisannya saja dapat mengenyahkan kelelahan selama sembilan bulan ini.

Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa risiko buruk bisa saja terjadi, namun dengan mempertahankan kesehatan akan membantu ketika proses persalinan menjelang. Selalu ada pertolongan Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam setiap urusan hamba-hambanya, jadi berserah diri pada-Nya.

Merasa putus asa

Kelelahan dan rasa tidak nyaman yang dirasakan selama ini kadang membuat sebagian ibu hamil mulai putus asa menjelang proses persalinan. Apalagi saat merasakan kontraksi, ketakutan besar pun muncul. Tapi, ingatkan diri bahwa semakin takut dan cemas maka kondisi bayi dalam kandungan akan semakin buruk.

Sebisa mungkin hindari rasa putus asa tersebut. Rasa sakit yang dialami akan segera hilang sesaat mendengar tangis si kecil untuk pertama kalinya. Ingat juga, bahwa ada orang-orang terdekat yang bersedia membantu.

Risih dengan hal-hal kecil yang tak terduga

Sebagian besar wanita tiba-tiba buang air besar saat proses persalinan dijalani. Meski hal ini tentunya membuat risih dan malu, namun tetap lah fokus pada persalinan. Jangan terlalu memikirkannya karena itu hal yang wajar dan alami terjadi pada proses persalinan.

 

Baca juga:

4 Tips Minimalkan Kemungkinan Persalinan Sesar

6 Tips untuk Ibu Hamil Agar Dapat Melahirkan Secara Normal

5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil

Tanda Bahaya Di Awal Kehamilan yang Perlu Diwaspadai

 

(Visited 185 times, 1 visits today)