3 Hal Yang Dapat Menjerumuskan Istri Ke Siksa Neraka

175 views Leave a comment
3 Hal Yang Dapat Menjerumuskan Istri Ke Siksa Neraka

Dailymoslem – Saat seorang wanita menikah, Allah telah membuka kesempatan untuk wanita tersebut dapat memasuki surga dari pintu manapun yang ia mau. Asalkan, ia menjadi seorang istri dan ibu yang amanah serta bertindak sesuai dengan ajaran Allah.

Apapun yang dilakukan menjadi ibadah. Menahan marah terhadap suami, menyenangkan suami, berdandan untuk suami hingga mengajari anak berhitung merupakan ibadah yang akan diganjar oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Namun faktanya saat Rasulullah melihat neraka dalam pristiwa isra’ mi’raj, beliau melihat bahwa mayoritas penghuni neraka adalah kaum wanita. Rasulullah Shallallahu wa Sallam bersabda,

Aku melihat ke dalam surga maka aku melihat kebanyakan penghuninya adalah fuqara’ (orang-orang kafir) dan aku melihat ke dalam Neraka maka aku menyaksikan kebanyakan penghuninya adalah wanita.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Mengapa bisa demikian? Padahal banyak sekali ibadah bernilai pahala yang dapat dilakukan oleh seorang wanita. Ternyata meskipun pintu surga telah dibuka lebar, banyak dari para wanita khususnya istri yang tidak dapat menghindari 3 kesalahan berikut ini.

Berdandan berlebih-lebihan (Tabarruj)

Menyenangkan suami dengan bersaha terlihat cantik dan menarik adalah salah satu ibadah yang besar pahalanya. Tetapi berdandan berlebihan hanya untuk mendapatkan pujian dari orang lain jelas sebuah hal yang harus dihindari.

Allah Subahanahu wa Ta’ala telah memerintahkan wanita untuk menjulurkan jilbabnya hingga menutupi dada serta tidak memperlihatkan perhiasan atau berusaha membuat perhiasannya bergemerincing.

Kufur terhadap kebaikan yang telah dilakukan suaminya

Banyak sekali istri yang menuntut pada suaminya. Minta dibelikan ini, dipenuhi itu dan lain sebagainya. Hal tersebut juga yang mendorong sebagaian suami untuk melakukan hal yang keji, misalnya korupsi, mencuri, menipu dan melakukan hal lain untuk membahagiakan istrinya.

Rasulullah Shallallahu Aliahi wa Sallam bersabda,

… dan aku melihat Neraka maka tidak pernah aku melihat pemandangan seperti ini sama sekali, aku melihat kebanyakan penghuninya adalah kaum wanita.”

Para sahabat bertanya: “Mengapa (demikian) waha Rasulullah?”

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam menjawab: “Karena kekufuran mereka.”

Para sahabatnya bertanya kembali: “Apakah mereka kufur kepada Allah?”

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam menjawab: “Mereka kufur terhadap suami-suami mereka, kufur terhadap kebaikan-kebaikannya. Kalaulah engkau berbuat baik kepada salah seorang di antara mereka selama waktu yang panjang kemudian dia melihat sesuatu pada dirimu (yang tidak dia sukai) niscaya dia akan berkata ‘Aku tidak pernah melihat sedikitpun kebaikan pada dirimu’ “ (HR. Imam Bukhari)

Durhaka kepada suaminya

Kedurhakaan ini dapat dilakukan dalam tiga bentuk, yaitu pertama durhaka dengan ucapan. Yaitu tidak menghormati suami dengan bicara yang kasar, berbohong, serta memaki-maki suami. Kedua adalah dengan perbuatan, yaitu segala perbuatan kasar yang membuat suami murka termasuk tidak melayani suami dengan baik. Ketiga adalah dengan ucapan serta perbuatan.

Begitulah tiga bentuk kesalahan wanita khususnya istri yang dapat menjerumuskan kita kedalam neraka yang abadi. Semoga kita dapat terhindar dari hal-hal di atas sehingga dapat memasuki surga dari pintu manapun yang kita mau.

Baca juga:

Hati-hati, Bersolek Berlebihan Bisa Jadi Tabarruj

7 Hal yang Diharamkan Tentang Perempuan

Sebelum Warnai Rambut, Mungkin Anda Harus Mengetahui Pandangan Islam Tentang Mengubah Warna Rambut Dulu

Dosa Yang Mengintai Saat Anda Putihkan Gigi

(Visited 2,332 times, 1 visits today)