3 Cara Yang Terbukti Mampu Kurangi Gejala Nyeri Haid

121 views Leave a comment
3 Cara Yang Terbukti Mampu Kurangi Gejala Nyeri Haid

Dailymoslem Nyeri haid memang sangat menyebalkan. Perut rasanya kaku, sakit punggung hingga bagian bawah bokong dengan rasa sakit yang tak bisa dijelaskan. Para ahli pun tidak sepenuhnya memahami mengapa PMS terjadi, atau lebih tepatnya mengapa beberapa wanita cukup beruntung untuk tidak merasakan hal-hal seperti kembung, perubahan suasana hati, dan nafsu makan.

Tapi nampaknya hal tersebut memiliki kaitan dengan perubahan hormon yang terjadi selama siklus menstruasi dan perubahan kimia dalam otak.

Untungnya, para ilmuwan terus mencari penyebab kesengsaraan bulanan yang dialami para wanita ini dan banyak waktu juga yang telah dihabiskan untuk menemukan cara agar rasa sakit ini bisa dihilangkan.

Nah, ternyata ada tiga cara yang sudah dibuktikan oleh para peneliti yang mampu mengurangi gejala sakit saat haid.

  1. Kalsium

Mendapat asupan kalsium setidaknya 1200 miligram setiap hari melalui makanan dan suplemen bisa mengurangi gejala PMS seperti mood swings, penumpukan cairan, nafsu makan, dan kram perut.

  1. Olahraga

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2014, melakukan treadmill tiga kali seminggu dalam tiga minggu bisa menurunkan gejala PMS seperti kelelahan dan kurang konsentrasi. Aerobik juga bisa membantu pelepasan endorfin yang membantu mood membaik.

  1. Pengobatan

Pil KB, antidepresan, atau obat kecemasan tertentu bisa membantu mengatur mood atau suasana hati jika gejala PMS terasa sangat parah. Agar lebih aman, tanyakan kepada dokter tentang obat-obatan untuk menghilangkan sakit kram atau sakit kepala yang berhubungan dengan PMS.

 

(Visited 120 times, 1 visits today)