3 Bahaya Karena Bayi Ketergantungan Botol Dot

121 views Leave a comment
3 Bahaya Karena Bayi Ketergantungan Botol Dot

Dailymoslem – Botol dot dianggap sebagai salah satu penolong bagi ibu menyusui. Dengan adanya botol dot, para ibu lebih mudah mengerjakan tugas lainnya, selama anak nyaman minum susu dari dotnya. Namun ternyata, bayi yang ketergantungan dengan botol dot dianggap tidak sehat.

IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) mengungkapkan bahwa menggunakan botol dot atau empeng bisa karies gigi dan maloklusi (hubungan rahang atas dan bawah menyimpang dari bentuk standar). Hal ini tentunya akan mempengaruhi pertmbuhan gigi dewasanya nanti.

American Academy of Pediatrics menganjurkan untuk melepaskan anak dari kebiasaan menggunakan botol dot atau empeng di usia satu tahun atau paling lama 18 bulan. Bukan hanya karena anak harus mulai menggunakan peralatan makan lain (gelas), terlalu lama ketergantungan apda boto dot akan berpengaruh pada hal-hal berikut ini.

Menimbulkan karies dan kerusakan gigi

Kerusakan gigi atau timbulnya karies pada gigi ini disebabkan cairan manis yang terlalu lama tersimpan dalam mulutnya karena kegiatan mengedot. Lebih parah lagi jika menyusu pada dot terus dilakukan hingga tidur. Meski gigi susu yang rusak, namun ternyata hal tersebut akan mempengaruhi pada pertumbuhkan gigi dewasanya.

Asupan kalori yang berlebih

Biasanya botol dot digunakan untuk menampung minuman manis seperti susu. Hal ini dikarenakan anak tidak terbiasa dengan minuman lain selain susu. Jika hal ini menjadi sebuah kebiasaan, maka tidak dapat dipungkiri anak akan sangat mudah kelebihan kalori. Apalagi jika kebiasaan mengedotnya dilakukan sebelum tidur.

Kekurangan nutrisi lain

Anak yang ketergantungan dot akan lebih memilih susu di dalam dot daripada mengkonsumsi makanan yang lain. Ini lah yang mengakibatkan ia akan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, menjadi sangat penting untuk membiasakan anak terlepas dari botol dot dan mulai mengkonsumsi hal lain dengan bertahap.

Sebaiknya, kebiasaan menyusu melalui botol dot harus segera dihentikan secara bertahap dari umur setahun. Semakin lama anak ketergantungan, maka semakin sulit merubah kebiasaaan makannya. Ia akan lebih sulit untuk beralih ke gelas atau mengkonsumsi makanan yang lainnya.

(Visited 113 times, 1 visits today)