1 September Jadi Ulang Tahunnya Polisi Wanita Indonesia

84 views Leave a comment
1 September Jadi Ulang Tahunnya Polisi Wanita Indonesia

Dailymoslem – Mungkin masih segar diingatan kita tentang gambar-gambar seorang polwan yang diberi tulisan-tulisan lucu dan sempat menjadi viral di media sosial. Namun tahu kah kamu kapan tepatnya Polwan atau Polisi wanita pertama kali diadakan?

Ya, Polisi wanita pertama kali didirikan 1 September 1928 silam. Awalnya Polwan hanya berada di kota Bukit Tinggi Sumatera Barat saat pemerintah Indonesia menghadapi Agresi II. Ketika itu pengungsian besar-besaran terjadi di semenangjung Malaya dan sebagian besar adalah wanita.

(Baca Juga: Perkenalkan, Polisi Wanita Pertama Sekaligus Polisi Wanita Berhijab Pertama di Somalia)

(Baca Juga: Bripda Eka, Polwan Cantik yang Nyambi Jadi Tukang Tambal Ban)

Tak mau diperiksa dan digeledan secara fisik oleh Polisi pria, akhirnya Pemerintah Indonesia menunjuk SPN (Sekolah Polisi Negara) Bukit Tinggi untuk membuka pendidikan polisi bagi kaum wanita. Singkat cerita terpilihlah enam orang wanita bernama Mariana Saanin, Nelly Pauna, Rosmalina, Dahniar, Djasmainar dan Rosnalia.

Sejak saat itu hingga sekarang sudah ada ribuan wanita yang bekerja sebagai Polwan di seluruh Indonesia. Bukan hanya tegas dan professional dalam bekerja, para Srikandi Wanita itupun cantik-cantik.

Dirgahayu Polwan Ke-67!

(Visited 65 times, 1 visits today)