Intip Kisah Sally Giovanny, Muslimah Cantik yang Hasilkan Miliaran Rupiah Dari Batik

432 views Leave a comment
Intip Kisah Sally Giovanny, Muslimah Cantik yang Hasilkan Miliaran Rupiah Dari Batik

Dailymoslem – Bagi seorang anak muda yang terlahir di zaman modern, mungkin tak pernah terpikir untuk membuka bisnis di bidang tradisional seperti batik. Lain dengan muslimah cantik Sally Giovanny, di usianya yang masih 26 tahun ini Sally telah berhasil mendirikan pusat grosir terbesar di Indonesia, bertempat di kota kelahirannya, Cirebon.

Kesuksesannya ini tidak didapat secara instan, melainkan melalui kerja keras dan ketekunan yang dijalaninya semenjak lulus SMA. Di usia 18 tahun, Sally sudah berjibaku dengan debu pasar dan teriknya matahari untuk berjualan batik khas Cirebon, yaitu batik Trusmi. Sally menjajakan dagangannya di pasar-pasar di Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Masih di usia yang sama, Sally juga memutuskan untuk menikah di usia muda dengan suaminya, Ibnu Riyanto. Di sinilah awal mula perkembangan bisnis batiknya, karena Sally dan sang suami mengembangkan bisnis batik Trusmi-nya dengan menggunakan uang amplop pernikahan senilai Rp. 17 juta.

Dengan uang tersebut Sally dan sang suami menyulap rumah mereka di Jl. Trusmi Kulon No. 129 menjadi sebuah ruang pamer batik dengan nama Batik IBR. Karena kerja keras dan ketekunan mereka, akhirnya pasangan suami-istri ini berhasil mengembangkan toko tersebut menjadi pusat grosir batik terbesar di Indonesia.

Di usia yang masih sangat muda, Sally dan suami telah berhasil menyediakan lapangan kerja untuk 1.000 orang di Cirebon. Bisnis batiknya juga kini telah berkembang menjadi salah satu tujuan wisata di kota Cirebon. Dengan konsep one stop shopping, dalam satu tempat Sally menyediakan pusat grosir batik sekaligus berbagai kuliner khas Cirebon, oleh-oleh khas Cirebon, sampai workshop batik bagi wisatawan yang ingin belajar membatik.

Wah, tidak terbayang kan, kalau bisnis tradisional ini bisa mencetak hingga miliaran rupiah?

(Visited 377 times, 2 visits today)