Kebiasaan Rasulullah Di Pagi Hari Yang Akan Membuat Hidup Lebih Sehat

516 views Leave a comment
Kebiasaan Rasulullah Di Pagi Hari Yang Akan Membuat Hidup Lebih Sehat

Dailymoslem – Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam sebagai sosok panutan seluruh umat muslim, memiliki kebiasaan sehari-hari yang sangat baik. Bagaimana tidak, segala yang dilakukannya merupakan tuntunan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Nah, oleh karena itu sebaiknya sebagai muslim yang baik kita juga harus senantiasa mengerjakan Sunnah Rasul. Mulai dari awal hari sampai nanti menjelang istirahat di malam hari. Yuk cari tahu kebiasaan Rasul setelah bagun tidur.

Mengingat Allah dengan berdoa

Saat tertidur, ternyata ruh manusia diangkat ke arsy Allah. Kemudian diturunkan kembali saat ia akan terbangun. Maka tidak menutup kemungkinan, manusia bisa saja meninggal saat tidur karena ruhnya tidak kunjung kembali. Oleh karena itu sebaiknya berdoalah saat bangun dari tidur dengan membaca:

Allahamdulillahilladzii ahyaanaa ba’damaa amaatanaa wa ilaihinnusyuur.”

Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah Dia mewafatkan (menidurkan) kami dan kepada-Nya kami dibangkitkan.

Mengusap wajah dengan tangan

Setelah tertidur cukup lama dengan posisi yang sama, biasanya akan meninggalkan bekas tidur di beberapa bagian wajah. Menurut Imama an-Nawawi dan al-Hafizh Ibnu Hajar kebiasaan mengusap wajah (bekas tidur) dianjurkan melalui dalil berikut ini,

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bangun tidur kemudian duduk sambil mengusap bekas tidur dari wajahnya dengan tangannya.” (HR. Muslim)

Bersiwak

Bersiwak adalah membersihkan mulut dan gigi menggunakan semacam akar atau dahan pohok bernaa salvadora persica.

Apabila Rasulullah shallallahu Alaihi wa Sallam bangun malam, beliau membersihkan mulutnya dengan bersiwak.” (Muttafaq alaih)

Ber-istintsar

Kegiatan ini untuk memberishkan rongga hidung dengan menghirup kemudian menyemburkan air melalui hidung. Rasulullah melakukannya setiap kali bagun tidur.

Apabila seorang di antara kalian bagun tidur, maka beristintsarlah tiga kali, karena sesungguhnya syaitan bermalam di ujung (rongga) hidungnya.” (Muttafaq Alaih)

Mencuci tangan

Selain beristintsar, beliau juga mencuci tangannya sebanyak tiga kali. Hal ini dilakukan untuk membersihkan tangan dari kotoran dan debu yang mungkin terpegang saat tidur.

Apabila salah seorang kalian bangun tidur, janganlah memasukkan tanganya ke dalam bejana sebelum ia mencucinya tiga kali.” (Muttafaq Alaih)

 

(Visited 484 times, 2 visits today)