Boleh Minum Sambil Berdiri, Karena Rasul Pernah Melakukannya?

95 views Leave a comment
Boleh Minum Sambil Berdiri, Karena Rasul Pernah Melakukannya?

Dailymoslem – Masih ingatkah kita ketika ibu-ibu guru di saat taman kanak-kanan atau sekolah dasar meningatkan untuk minum sambil duduk. Bahkan dibeberapa sekolah, siswa yang minum sambil berdiri ditegur untuk tidak mengulanginya lagi.

Dari kajian beberapa sumber, ternyata minum dan makan sambil berdiri bisa dikatakan sah-sah saja. Karena Rasulullah shallallahu Alahi wa Sallam pun suatu ketika pernah minum sambil berdiri. Sehingga bisa dilihat bahwa ada kelonggaran dalam hal ini.

Dalil yang membolehkan minum sambil berdiri salah satunya dari Ibnu Abbas ra yang berkata,

Aku memberi minum kepada Rasulullah Shallallah Alaihi wa Sallam dari air zam-zam, lalu beliau minum sambil berdiri.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Kemudian dari Ibnu Umar ra, ia berkata,

Kami dahulu pernah makan di masa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam sambil berjalan dan kami minum sambil berdiri.” (HR. Tirmidzi)

Sedangkan dalil yang menyatakan laranagn minum sambil berdiri adalah dari Anas bin Malik ra ia berkata,

Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam melarang dari minum sambil berdiri.” (HR. Muslim)

Anas ra pun berkata,

Dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di mana beliau melarang seseorang minum sambil berdiri.” Qotadah berkata bahwa mereka kala itu bertanya (pada Anas), “Bagaimana dengan makan (sambil berdiri)?” Anas menjawab, “Itu lebih parah dan lebih jelek.” (HR. Muslim)

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

Janganlah sekali-kali salah seorang di antara kalian minum sambil berdiri Apabila dia lupa maka hendaknya dia muntahkan.” (HR Muslim)

Menanggapi masalah ini, banyak ulama yang berselisih. Sebagian besar menyatakan boleh, lainnya mengatakan makruh. Hal ini dikatakan oleh Al Maziri rahimahullah.

Imam Nawawi rahimahullah menjelaskan,

Yang tepat dalam masalah ini, larangan minum sambil berdiri dibawa ke makna makruh tanzih (bukan haram). Adapun hadits yang menunjukkan Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam minum sambil berdiri, itu menunjukkan bolehnya. Sehingga tidak ada kerancuan dan pertentangan sama sekali antara dalil-dalil yang ada.” (Syarh Muslim)

Kesimpulannya adalah, minum atau makan sambil berdiri diperbolehkan jika kita memang membutuhkannya. Namun jika dilakukan sambil duduk maka itu lebih utama. Selain itu agar kita berjaga-jaga dari larangan dalil yang melarang keras minum sambil berdiri.

Baca Juga:

Cara Rasulullah Mendidik Anak Berdasarkan Rentang Usia

Karena Ruh Kembali Pada Allah Saat Tidur, Maka Lakukan Kebiasaan Sebelum Tidur Ala Rasulullah

Masya Allah, Teknologi Buktikan Bahwa Perkataan Rasulullah Benar Dan Akurat

Manfaat Kesehatan Dari Kurma, Makanan Kesukaan Rasulullah

Empat Amanat Terakhir Rasulullah Di Arafah

Video Perbandingan Dubai Masa Lalu dan Masa Kini, Bukti Sabda Rasulullah

(Visited 158 times, 1 visits today)