Amalan-Amalan Sunnah Di Bulan Muharram

131 views Leave a comment
Amalan-Amalan Sunnah Di Bulan Muharram

Dailymoslem – Tahun baru hijriah sudah kita lewati, artinya kini kita menginjak bulan Muharram. Bulan pertama dalam perhitungan kalender menurut Islam. Sama seperti bulan-bulan lainnya, di bulan ini juga ada beberapa amalan sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan. Apa sajakah itu?

Memperbanyak puasa di bulan Muharram

Puasa adalah menahan diri dari makan, minum dan mengikuti hawa nafsu mulai dari terbitnya matahari hingga kemudian tenggelam. Puasa juga sangat dianjurkan bagi mereka yang belum berkesempatan untuk menikah, karena dapat menahan gejolak dalam dirinya.

Dari Ibn Abbas ra , beliau mengatakan:

Saya tidak pernah melihat Nab Shallallahu Alaihi wa Sallam memilih satu hari untuk puasa yang lebih beliau unggulkan dari pada yang lainnya kecuali puasa hari Asyura’ dan puasa bulan Ramadhan.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Puasa Tasu’a (9 Muharram)

Puasa pada hari Tasu’a menjadi pembeda antara puasa yang dilakukan Yahudi dan Muslim. Ibnu Qayim menjelaskan bahwa puasa terkait hari Asyura ada tiga tingkatan, yaitu:

  1. Puasa sehari sebelum hari Asyura, hari Asyura dan sehari setelahnya.
  2. Puasa tanggal 9 Muharram dan 10 Muharram saja
  3. Puasa hanya pada tanggal 10 Muharram

Puasa Asyura (10 Muharram)

Puasa asyura merupakan puasa pada hari kesepuluh di bulan Muharram. Awalnya puasa ini adalah salah satu ibadah orang quraisy di masa jahiliyah. Setelah Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam tiba di Madinah, beliau melaksanakan puasa asyura dan memerintahkan sahabat untuk berpuasa. Namun setelah puasa Ramadhan diwajibkan, puasa asura menjadi ibadah sunnah yang boleh tidak dilakukan.

Dari Ibn Abbas ra, beliau mengatakan:

“Ketika Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam sampai di Madinah, sementara orang-orang Yahudi berpuasa Asyura. Mereka mengatakan ‘Ini adalah hari dimana Musa menang melawan Fir’aun. Kemudian Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda kepada para sahabat ‘Kalian lebih berhak terhadap Musa dari pada mereka (orang Yahudi) karena itu berpuasalah.” (HR. Al –Bukhari)

 

Baca Juga:

Berdoalah Saat Berbuka Puasa, Niscaya Allah Akan Mengabulkannya

4 Minuman Yang Bisa Mengembalikan Cairan Tubuh Dan Energi Setelah Berpuasa

Resep Kolak Susu Gula Jawa untuk Buka Puasa ala Chef Farah Quinn

(Visited 144 times, 1 visits today)