Berbagai Fakta Unik Film Dakwah Ketika Mas Gagah Pergi, Novel Fenomenal yang Akhirnya Difilmkan

119 views Leave a comment
Berbagai Fakta Unik Film Dakwah Ketika Mas Gagah Pergi, Novel Fenomenal yang Akhirnya Difilmkan

Dailymoslem – Setelah dua puluh tahun mengumpulkan dana, Helvy Tiana Rosa akhirnya memfilmkan novel fenomenalnya yang ditulis pada tahun 1992. Helvy Tiana Rosa akhirnya mendapatkan sosok Hamas Syahid yang dinilai sangat tepat untuk memerankan tokoh Mas Gagah di film ini.

Di balik segala proses syuting yang saat ini masih berjalan, ternyata ada banyak fakta unik Ketika Mas Gagah Pergi yang membuat kita merasa seperti novel Ketika Mas Gagah Pergi memang ditakdirkan untuk berhasil difilmkan dan menggugah dunia film dakwah Islam di Indonesia.

Mau tahu apa saja fakta unik KMGP? Yuk, langsung saja kita intip di bawah ini.

KMGP ditulis tepat di tahun kelahiran Hamas Syahid

Helvy Tiana Rosa menulis novel Ketika Mas Gagah Pergi yang fenomenal itu pada tahun 1992, di tahun yang sama saat Hamas Syahid, aktor yang memeraankan tokoh Mas Gagah, dilahirkan. Uniknya lagi, novel ini ditulis di bulan Maret dan Hamas lahir tanggal 11 Maret 1992. Artinya, Hamas Syahid lahir berbarengan dengan lahirnya novel fenomenal yang membuat semua orang membayangkan tokoh Mas Gagah.

Bukankah ini seperti takdir bahwa Mas Gagah memang harus diperankan oleh Hamas?

Yulyani, Ibu dari Hamas Syahid merupakan penggemar berat novel KMGP dan sering membayangkan tokoh Mas Gagah

Ibu dari Hamas Syahid si pemuda tampan penghapal Qur’an ini juga merupakan salah satu penggemar berat novel Ketika Mas Gagah Pergi. Ia bahkan seringkali membayangkan sosok seorang pemuda gagah yang terlihat siluet punggungnya saja di cover buku tersebut. Yulyani juga sudah lama membayangkan jika novel tersebut dan sering berpikir, siapakah pemeran Mas Gagah bila difilmkan? Ia sangat ingin melihat sosok tersebut.

Qadarullah, sosok tersebut ternyata adalah sosok yang dilahirkannya 24 tahun silam saat Helvy Tiana Rosa juga menulis novel tersebut. Beliau bahkan merupakan orang pertama yang turut membedah buku ini tahun 1997 di surabaya. 18 tahun kemudian, Hamas ternyata lolos casting untuk memerankan tokoh Mas Gagah.

Sosok Mas Gagah merupakan sosok abang idaman Helvy Tiana Rosa yang menjadi sosok abang idaman semua orang

Helvy Tiana Rosa menulis tokoh Mas Gagah karena dirinya sangat ingin memiliki seorang kakak laki-laki seperti teman-temannya. Akhirnya, Helvy menciptakan abang imajiner dalam tulisannya yang akhirnya menjadi abang imajiner bagi semua orang.

Masih banyak fakta-fakta unik KMGP lainnya yang membuat para pembacanya semakin penasaran dengan film ini nantinya. Mau tahu apa saja fakta unik lannya? Baca selengkapnya di sini.
(Visited 396 times, 1 visits today)