5 Keuntungan Menunaikan Ibadah Haji dan Umrah Di Usia Muda

2140 views

Dailymoslem – Tak banyak dari umat muslim yang memilih untuk menunaikan ibadah haji di usia muda. Terang saja, di usia ini orang lebih suka bersenang-senang daripada bersusah-susah menunaikan ibadah haji.

Padahal, ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan menunaikan ibadah umrah dan haji di usia muda. Memang, tidak semua orang memiliki kesempatan untuk berhaji di usia muda. Namun, jika rezekinya sudah ada, tidak ada salahnya menunaikan ibadah haji di usia yang semuda mungkin.

Nah, inilah 5 keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menunaikan ibadah haji dan umrah di usia muda.

Punya Stamina yang Baik

Di usia produktif, tentu kamu masih punya banyak tenaga untuk melakukan berbagai ritual ibadah haji. Kamu masih punya banyak energi untuk tawaf, banyak beribadah di Masjidil Haram, atau mungkin mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Mekkah.

Bisa Menolong Orang yang Membutuhkan Di Mekkah Sana

Ada banyak orang yang telah berusia lanjut dan sebenarnya tidak sanggup melakukan perjalanan jauh, tapi memaksakan diri untuk berangkat haji demi menunaikan rukun islam yang ke-lima ini. Nah, bagi kamu yang masih muda, berangkat haji di usia muda juga bisa membuat kamu punya banyak kesempatan untuk memberi bantuan kepada mereka yang membutuhkan tenagamu di Mekkah sana. Ini bisa mejadi lading pahala buat kamu.

(Baca juga: Di Tajikistan, Berhaji Hanya Boleh Dilakukan Oleh Mereka yang Berusia 35 Tahun Ke Atas)

Mencari Pencerahan Saat Mencari Jati Diri

Hingga usia 30an, sebenarnya masih banyak orang yang masih berada dalam taraf pencarian jati diri. Dengan bersimpuh di hadapan ka’bah, kamu bisa menyerahkan segala keresahan hati kepada Allah. Adakah yang lebih menenangkan daripada bersandar kepada Allah?

Memohon Jodoh

Nah, berhaji di usia muda juga bisa menjadi ajang untuk kamu berdoa memohon jodoh kepada Allah. Kamu juga bisa berdoa di Jabal Rahma yang dipercaya sebagai tempat bertemunya Adam dan Hawa. Semoga kamu dan jodohmu nanti bisa selanggeng dan seromantis Adam dan Hawa.

(Baca juga: Jamaah Sering Selfie Saat Umrah dan Haji, Haruskah Peraturan Tentang Umrah dan Haji Diterapkan Di Masjidil Haram?)

Banyak Waktu untuk Mengubah Diri Sepulang Dari Berhaji

Kamu pasti akan mendapat banyak pengalaman dan pelajaran dari perjalanan hajimu. Nah, di usia kamu yang masih muda ini, kamu masih punya banyak kesempatan untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik sepulang dari perjalanan hajimu.

Semoga kita selalu diberkahi Allah dan diberi kesempatan untuk mengunjungi rumah-Nya secepat mungkin. Aamiin.

(Visited 1,109 times, 1 visits today)