Kawah Putih, Sejarah dan Keistimewaannya Bikin Jatuh Hati

8732 views Leave a comment

Di antara beberapa destinasi wisata di Bandung, salah satu yang terkenal adalah Kawah Putih. Sudah sejak puluhan tahun lalu Kawah Putih menjadi tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Padahal, dulunya kawasan ini dikenal angker loh!

Sempat Dikenal Sebagai Kawasan Mistis

Kawah Putih terbentuk dari letusan Gunung Patuha nan dahsyat beberapa puluh tahun silam. Tak lama setelah Gunung Patuha meletus, tak ada burung yang selamat ketika lewat di atas puncak di mana kawahnya berada. Hal inilah yang kemudian membuat warga sekitar menyangkutkannya dengan hal-hal mistis. Karena setiap burung yang lewat kawah ini, pasti langsung mati.

Diteliti Doktor Dari Belanda

Tak percaya dengan mitos yang beredar di kalangan warga sekitar, seorang peneliti dari Belanda bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn melakukan perjalanan menuju puncak gunung. Kemudian ia menemukan fakta jika burung-burung yang lewat di puncak gunung ini mati lantaran bau belerang yang sangat menyengat.

Sejak saat itu, kepercayaan warga akan mitos Kawah Putih mulai memudar. Dan karena kecantikan kawahnya, banyak pengunjung yang mulai datang ke sana untuk melihat keindahannya.

sumber:@3triwoel

Dibuka Untuk Umum

Melihat potensi yang dimiliki oleh Kawah Putih, sejak tahun 1987 Pemerintah Kabupaten Bandung menjadikan tempat ini sebagai lokasi wisata. Awalnya hanya dilihat dari tepinya saja, sampai kemudian pengelola kawasan Kawah Putih membangun sebuah jembatan kayu menuju bagian tengahnya.

Laris Jadi Lokasi Syuting

Keindahan Kawah Putih tidak hanya menarik perhatian para wisatawan saja. Banyak pula sineas Indonesia dan luar negeri yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi syuting film dan juga iklan berbagai produk. Selain itu tempat wisata di Bandung ini juga sering jadi lokasi pembuatan video klip dan foto prewedding pasangan calon pengantin dari dalam dan luar negeri. Saking terkenalnya Kawah Putih, tempat wisata di Bandung ini menjadi salah satu lokasi yang paling banyak dicari di Traveloka Aktivitas & Rekreasi. Tidak mengherankan, karena Kawah Putih memang menarik untuk dikunjungi.

Warna Air Bisa Berubah

Sering melihat Kawah Putih dengan air danau yang kebiruan? Sebenarnya, bukan hanya biru yang menjadi warna dari danau cantik ini. Warna airnya bisa berubah-ubah, dari kebiruan sampai kehijauan, tergantung suhu dan kadar belerang dan cuaca di kawah. Perubahan ini terjadi dalam waktu singkat, sehingga kamu bisa melihat perubahan warnanya ketika cuaca dan suhu di kawah mendadak berubah.

Jam Buka dan Tiket Masuk

Untuk melihat indahnya Kawah Putih, kamu bisa main ke sana pada pukul 08.00 pagi sampai 17.00 sore. Setelah itu, kawasan Kawah Putih akan ditutup untuk umum.

Sementara untuk tiket masuk dibedakan antara wisatawan domestik dengan turis asing. Untuk wisatawan lokal, kamu hanya perlu membayar Rp 17.000 per orang. Sementara bagi turis asing, dikenakan biaya tiket Rp 50.000 per orang.

Harga tiket ini di luar biaya parkir yang berbeda antara lokasi parkir bawah dengan parkir atas. Update terakhir, harga parkir mobil di atas dekat dengan kawah adalah Rp 150 ribu, sementara motor di bagian atas kawah Rp 35 ribu. Sementara untuk parkir bawah, mobil Rp 6 ribu dan motor Rp 5 ribu.

Jika kamu parkir di bawah, perlu naik ontang anting untuk menuju ke bagian kawah. Harganya Rp 13 ribu per orang, lebih murah daripada parkir kendaraan di atas. Dan pastinya, naik ontang anting akan memberikan pengalaman berbeda karena kendaraan tradisional ini tidak akan kamu temui selain di Bandung.

(Visited 1 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]