Tips Sehat Makan Buah, Hindari Makan Buah Setelah Makan

397 views
tahukah kamu, buah ternyata lebih baik dikonsumsi di setelah makan daripada setelah makan.

Dailymoslem – Kebanyakan orang beranggapan bahwa buah adalah makanan yang cocok untuk dikonsumsi setelah makanan pokok seperti nasi dan lauk. Buah dianggap sebagai makanan pencuci mulut atau dessert setelah makan makanan yang mengenyangkan.

Namun, tahukah kamu, buah ternyata lebih baik dikonsumsi di setelah makan daripada setelah makan.

Kok bisa?

Buah adalah makanan yang biasanya mengandung gula, meskipun gula alami yang sudah terkandung di dalamnya. Jika kita makan buah-buahan setelah makan, maka tubuh akan butuh waktu yang cukup lama untuk mencernanya, sehingga banyak nutrisi buah yang terbuang percuma. Oleh karena itu, disarankan untuk makan buah sekitar 20-30 menit sebelum makan.

(Baca juga: 5 Cara Mengolah Buah Tanpa Repot)

Tubuh membutuhkan waktu yang berbeda-beda untuk mencerna berbagai jenis makanan. Jika kita makan buah setelah makan makanan yang sulit dicerna, buah yang tidak dicerna dengan cepat juga akan terfermentasi dan menyebabkan gas.

(Baca juga: Rahasia Buah Pir untuk Kesehatan)

Selain itu, makan buah sebelum makan juga memiliki manfaat tersendiri terutama bagi kamu yang sedang diet. Jika kamu makan buah sebelum makan makanan berat, maka kamu akan merasa kenyang lebih lama sehingga porsi makan kamupun berkurang.

Tips Sehat Makan Buah, Hindari Makan Buah Setelah Makan

Jikapun kamu terpaksa makan buah setelah makan, usahakan untuk memberi waktu dulu pada tubuh untuk mencerna makanan yang sebelumnya kamu konsumsi. Beri waktu selama 2-3 jam setelah makan untuk kemudian makan buah.

Buah adalah sumber nutrisi yang baik bagi tubuh jika dikonsumsi dengan benar. Kamu bahkan bisa membersihkan tubuh dari racun dengan makan 3 porsi buah setiap hari.

(Visited 271 times, 1 visits today)