Tips Didik Anak Agar Tak Kecanduan Gadget

116 views Leave a comment
Tips Didik Anak Agar Tak Kecanduan Gadget

Dailymoslem – Anak kecil sekarang memang lebih senang bermain game yang disajikan secara pintar dalam smartphone atau tablet. Tak jarang saat anak dilarang bermain gadget, mereka akan marah, menangis hingga tantrum.

Namun sebagai orang tua kita harus membiasakan hal yang baik, agar anak tidak kecanduan bermain games dan akhirnya menjadi anak yang anti sosial. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan para orang tua untuk mengatasi anak agar tidak kecanduang gadget.

Jangan meletakan gadget sembarangan

Biasanya kita tidak terlalu membiasakan untuk menyimpan gadget secara benar. Kadang gadget tertinggal di sofa ruang tv, meja makan, bahkan juga di balkon setelah sama-sama menyeruput teh bersama pasangan. Kebiasaan meninggalkan gadget sembarangan ini, dapat memudahkan si kecil untuk mengoprasikan atau memainkannya.

Sebaiknya, simpan gadget di tempat yang tidak diketahui oleh anak. Sehingga anak tidak dapat memainkan gadget di sembarang waktu. Keluarkan gadget di waktu-waktu tertentu dimana anak dan anda sedang dalam kondisi santai.

Menerapkan password pada gadget

Dengan menerapkan password, anak akan kesulitan untuk mengoprasikan gadget Anda. Meskipun kemungkinan si kecil akan menangis meminta dibukakan, sebisa mungkin berikan pengertikan agar anak mengerjakan tugasnya terlebih dahulu sebelum bermain gadget.

Lakukan kegiatan bermain bersama

Cara ini bisa dilakukan agar anak lupa dengan permainan yang ada di dalam gadget. Sebisa mungkin ubah pola pikir anak bahwa bermain di luar lebih menyenangkan daripada memainkan games sendirian di dalam kamar. Beberapa permainan seru yang bisa dilakukan adalah UNO games, monopoli, ular tangga, UNO bricks dan lain sebagainya.

Berikan batas waktu bermain gadget

Memberikan batas waku bermain gadget pun menjadi salah satu solusi mencegah anak ketergantungan untuk memainkannya. Misalnya anak hanya diperbolehkan main gadget saat libur sekolah atau satu jam saja setiap hari setelah mengerjakan tugas sekolah. Dengan begitu anak bisa belajar bertanggung jawab dan menentukan prioritas.

 

Baca juga:

Aplikasi Yang Dapat Bantu Para Orang Tua Kontrol Gadget Anak

Ilmuwan Asal Maroko Ini Ciptakan Chips yang Bisa Men-Charge Baterai Gadget Dalam 10 Menit!

5 Gangguan Otak yang Bisa Terjadi Pada Anak Karena Terlalu Banyak Main Gadget

 

 

(Visited 81 times, 1 visits today)