Tips Buat Cincin Nikah Hemat Tapi Berkualitas

118 views Leave a comment
Tips Buat Cincin Nikah Hemat Tapi Berkualitas

Dailymoslem – Salah satu hal yang menjadi perhatian saat akan melangsungkan pernikahan adalah cincin pernikahan. Bagi mereka yang memiliki budget besar, mungkin tidak akan terlalu repot untuk memikirkannya. Tapi, untuk yang budgetnya pas ada beberapa hal yang bisa kamu akali agar harga tidak terlalu tinggi.

Pilihan bahan

Sudah menjadi sangat lumrah, jika cincin pernikahan terbuat dari emas. Nah, karena dalam Islam lelaki tidak boleh menggunakan cincin emas maka palladium, perak atau platina bisa menjadi penggantinya. Eh tapi ada juga lho pengantin pria yang tidak memakai cincin sama sekali.

Dibandingkan dengan emas, palladium dan platina, perak memang memilki harga yang relative lebih murah. Tapi konsekuensinya adalah tidak tahan lama. Pilihan rata-ratanya sih jatuh pada emas atau palladium karena harganya yang relatif sama.

Berat cincin yang dibeli

Semakin berat maka semakin besar juga uang yang harus dibayarkan. Untuk jari yang relatif kurus dan panjang 2,5 sampai 3 gr pun cukup. Rata-rata gram cincin pernikahan adalah 3-6 gram.

Kadar Bahan

Semakin mendominasi emas, maka semakin mahal. Kamu bisa memilih kadar 80% atau 75% sisanya adalah bahan lain sebagai campuran. Emas murni 100% sifatnya lunak, sehingga tidak akan bagus untuk dibuat perhiasan.

Berlian sebagai hiasannya

Karat berlian yang timbul di cincin pernikahan pun sangat berpengaruh pada harga. Semakin besar potongan berlian maka semakin mahal juga harga cincin pernikahannya.

Biaya pengerjaan

Hal ini tentunya pasti berbeda dari satu toko dengan toko lainnya. Dengan keahlian tawar menawar kamu bisa menekan biaya yang akan dikeluarkan.

 

(Visited 169 times, 1 visits today)