Tindakan Paling Benar Ketika Hp Berdering Saat Shalat

155 views Leave a comment
Tindakan Paling Benar Ketika Hp Berdering Saat Shalat

Dailymoslem – Handphone sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Nongkrong ditemani hp, belajar ditemani hp, bahkan shalat pun hp tak jarang ada dibawa-bawa. Sayang, kebanyakan orang selalu lupa mematikan hp-nya atau hanya sekedar membuat nada dering dalam status senyap. Alhasil, tak jarang saat shalat dilakukan hp berdering sejadinya.

Dering hp tersebut juga kerap kali menganggu orang lain yang juga sedang menunaikan shalat. Sehingga mengurangi kekhusyuan para jamaah. Lalu tidakan seperti apa yang harus kita lakukan ketika hp berdering saar shalat?

Tindakan paling baik adalah dengan menyetel hp dalam status senyap (silent) atau matikan sekalian sebelum shalat dimulai, agar kita tidak diganggu oleh suara-suara yang mengganggu. Shalat sendiri pada dasarnya adalah sebuah kegiatan yang sangat menyibukkan, sehingga sebaiknya kita mencegah apapun yang akan menganggu saat shalat.

Sesungguhnya shalat itu sangat kesibukan.” (HR. Bukhari)

Jika memang lupa mematikan atau mengubahnya kedalam status senyap, diperbolehkan untuk mematikannya saat shalat. Membiarkan hp terus berdering malah akan membuat kita berdosa, bahkan sudah ada fatwa yang menyebutkan bahwa tindakan tersebut minimal adalah makruh.

“Siapa yang secara sengaja meninggalkan HPnya untuk mengeluarkan suara yang mengganggu orang yang shalat, dia telah melanggar perbuatan yang hukumnya minimal makruh, bahkan bisa sampai derajat haram.” (Fatawa Syabakah Islamiyah, 119943)

Gerakan mematikan hp dinilai termasuk kedalam gerakan yang mudah, sehingga diperbolehkan untuk dilakukan.

Sementara orang yang lupa mematikan hpnya, dia tidak dianggap melakukan dosa, namun dia harus segera mematikan suara hpnya, meskipun dia sedang shalat. Karena semacam ini hanya gerakan ringan, yang sama sekali tidak mempengaruhi gerakan keabsahan shalat.” (Fatawa Syabakah Islamiyah, 119943)

 

(sumber: konsultasi syariah/pengenjadibaik)

 

Baca Juga:

Subhanallah, Hujan Turun Di Riau Tepat Saat Dilakukan Shalat Istisqa

Dosa Yang Tak Bisa Digugurkan Dengan Shalat, Dapat Hilang Dengan Cara Ini

Satu-Satunya Hal Yang Dapat Membuat Shalat Diterima

Ini Dia Dosa Melewati Orang Yang Sedang Shalat

Apakah Shalat Terancam Batal Saat Punggung Tangan Terlihat

(Visited 491 times, 1 visits today)