Sifat-Sifat Istri Idaman Menurut Hadist

133 views Leave a comment
muslim women

Dailymoslem – Seorang wanita yang menjadi pendamping hidup (istri) digambarkan sebagai perhiasan dunia yang mampu menyempurnakan keindahan yang sudah ada. Namun apakah kecantikan saja yang membuatnya menjadi perhisan terbaik? Ternyata tidak. Dalam beberapa hadist diterangkan, kriteria wanita seperti apa yang termasuk kedalam istri idaman. Berikut penjelasannya.

Memiliki tanggung jawab terhadap suami dan anak-anak

Memiliki rasa tanggung jawab untuk mengurus suami, anak-anak dan rumah tangga nya adalah salah satu sidat dari istri idaman. Mereka tidak akan memilih menyenangkan dirinya berlama-lama shopping atau mempercantik diri di salon sementara mengabaikan kebutuhan suami dan anak-anak.

Meskipun seorang istri bekerja, tetapi urasan rumah tangga menjadi sebuah hal yang utama baginya. Bagaimanapun, istri adalah yang membenahi rumah tangga sementara suami menjadi penopangnya. Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

“Dan wanita adalah pengurus rumah suami dan anaknya. Dia ber-tanggung jawab terhadap mereka.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Berpenampilan bersih dan menyenangkan saat dilihat

Banyak sekali wanita yang salah mambwa dirinya di akhir zaman seperti sekarang ini. Mereka berdandan cantik saat pergi keluar rumah tapi berantakan saat ada didalam rumah. Padahal berdandan untuk suami merupakan sebuah hal yang disunnahkan oleh agama. Selain itu, dalam hadist dikatakan bahwa istri idaman adalah mereka yang tidak membebani suami dengan mempersulit keadaan.

“Sebaik-baik wanita adalah yang menyenangkannya saat dia melihat, menaatinya saat ia memerintah dan tidak menyelisihinya dengan hal yang dibencinya pada dirinya dan hartanya.”
(HR. Ahmad, An Nasai dan Al Hakim, dihasankan oleh Al Albani)

Menjaga kehormatan diri dan keluarganya

Wanita yang termasuk kedalam istri idaman dapat menjaga kehormatan pribadi dan keluarganya. Mereka tidak akan membeberkan kejelekan suami atau anak-anak kepada orang lain dan tidak merusak harga dirinya dengan melakukan perbuatan yang diganjar dosa. Istri merupakan pakaian bagi suami dan begitupula sebaliknya.

Menjalankan kewajibannya sebagai hamba Allah

Bagaimana bisa dikatakan bertanggung jawab kepada keluarganya, jika seorang wanita tidak menjalankan kewajibannya sebagai hamba Allah. Seroang istri idaman pastinya memenuhi kewajibannya untuk shalat lim awaktu, berpuasa, sedekah dan menjauhi segala larangan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

“Jika seorang wanita melaksanakan shalat lima waktunya, puasa bulan Ramad-hannya, menjaga kemaluannya, menaati suaminya, akan dikatakan kepadanya: ma-suklah kepada Surga dari pintu manapun yang kamu mau.” (HR. Ibnu Hibban, Disha-hihkan oleh Al Albani dalam shahih al Jami’)

“Wanita dinikahi karena empat hal: Hartanya, kemuliaan keluarganya, kecantikannya dan agamanya. Maka pilihlah yang beragama, kamu akan beruntung.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

(sumber foto: EncikKopiO/iphonepixa)

 

(Visited 428 times, 1 visits today)