Perhatikan 5 Hal Ini Agar Tidak Kecewa Saat Belanja Online

1030 views
Ini 5 Alasan Orang Suka Belanja Online, Apakah Kamu Salah Satunya?

Dailymoslem – Belanja online menjadi pilihan banyak orang belakangan ini karena memiliki banyak kemudahan. Kamu bahkan tidak perlu beranjak dari tempat dudukmu untuk memilih barang dan melakukan pembayaran. Meski begitu, belanja online tetap memiliki kekurangannya tersendiri seperti kondisi barang yang tidak sesuai hingga harga yang menjadi mahal karena ongkos kirim. Nah, agar kamu tidak kecewa saat belanja online, perhatikan hal-hal berikut ini.

Reputasi Toko Online

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah reputasi toko online tersebut. Pilih toko online yang punya testimonial baik dari para customernya. Perhatikan juga testimonial yang mereka posting, jangan sampai kamu tertipu dengan testimonial palsu. Cara yang paling aman adalah berbelanja melalui barang yang sudah memiliki nama dan reputasi yang baik baik secara online store maupun secara offline store.

Description Barang

Saat kita berbelanja online, kita tidak bisa langsung menyentuh barang, melainkan melihatnya hanya melalui foto. Oleh karena itu, sangat penting untuk memerhatikan description barang secara seksama, agar kita mendapat informasi yang jelas mengenai kondisi fisik barang tersebut. Misalnya jika kamu membeli baju, perhatikan nama bahan, ukuran, lingkar pinggang, lingkar dada dan juga panjang baju agar baju tersebut tidak jadi kebesaran atau kekecilan di tubuhmu.

Teliti Saat Pembayaran

Bukti pembayaran adalah senjata yang kamu punya untuk menagih barang yang kamu pesan. Jadi, pastikan kamu melakukannya dengan teliti dan sesuai instruksi dari toko online tersebut. Perhatikan nomor dan nama pemilik rekening dengan jelas. Jangan lupa juga untuk mencetak bukti pembayaran sebagai bukti bahwa kamu sudah melunasi pesanan.

PerhatikanĀ Pengiriman

Pilih toko online yang menggunakan jasa pengiriman barang yang bisa kamu lacak keberadaannya, misalnya TIKI atau JNE. Dengan meminta nomor resi, kamu bisa melacak keberadaan paket yang menuju ke rumahmu. Apakah paket tersebut masih di kota asal, sedang berada di pusat, sedang berada di counter terdekat di rumahmu atau sudah dalam proses pengantaran oleh kurir.

Hindari Belanja Barang Elektronik

Untuk belanja online, hindari belanja barang yang terlalu mahal dan beresiko mengalami kerusakan di jalan seperti barang elektronik. Meski paket kamu sudah memiliki asuransi selama di perjalanan, tetap prosesnya akan sulit jika terjadi sesuatu yang menimpa paketmu.

(Visited 537 times, 1 visits today)