Shalat Yang Tegesa Adalah Seburuk-Buruknya Pencuri

85 views Leave a comment
Astagfirullah, Inilah 10 Orang Yang Shalatnya Tidak Diterima Oleh Allah

Dailymoslem – Shalat adalah salah satu perintah Allah yang wajib dilakukan oleh setiap muslim. Shalat sendiri menjadi ibadah pertama yang akan ditanya di hari akhir nanti. Jika ibadah shalatnya bagus maka ada kesempatan yang lebar untuk kita memasuki syurganya Allah, tapi jika ibadah shalatnya kacau maka sudah tentu yang lainnya pun kacau.

Tahukah kamu bahwa seburuk-buruknya pencuri ialah pencuri shalat. Dimana shalatnya tergesa-gesa, tidak tartil. Sujud atau rukuknya tidak sempurna seperti asal-asalan. Merekalah pencuri yang paling buruk di jagad raya ini.

Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Sallam bersabda:

Sejahat-jahat pencuri adalah yang mencuri dari shalatnya”. Kemudian para sahabat bertanya “Wahai Rasulullah bagaimana mencuri dari shalat?” Rasulullah menjawab, “Dia tidak sempurnakan ruku dan sujudnya.”  (HR. Ahmad)

Mengerjakan Shalat seharusnya tidak tergesa-gesa, namun harus tartil dalam bacaanya kemudian thumaninah dalam semua gerakan shalatnya. Rasulullah bersabda,

Ketenangan itu dari Allah dan tergesa-gesa itu dari syaitan.” (HR. Tirmidzi)

Imam Al-Manawiy dalam Syarh Al-Jami’I Al-Shaghir menjelaskan, bahwa tergesa-gesa dilarang karena akan mendatangkan was-was. Misalnya lupa jumlah raka’at yang telah dilakukan atau lupa untuk atahiyat awal. Ketergesa-gesaan pula menghalangi keteguhan dan pemikiran yang matang. Imam Hasan Al-Bashri mengatakan, “Setiap shalat yang hatinya tidak hudlur (kekosongan) maka shalat itu lebih cepat mengundang siksa.”

Ada beberapa cara agar shalat lebih khusyu dan tidak tergesa-gesa yaitu:

Buat seolah-olah itu adalah sahalat terakhir kita

Imam Abdullah Al-Haddad  mengatakan, “Jika engkau tidak bias khusyu maka buatlah suasana dirimu dalam shalat, seolah-olah engkau shalat pada saat itu untuk terakhir kalinya, dibelakangmu sudah menunggu malaikat maut yang akan menjemputmu menuju kehadirat-Nya.”

Ingatlah bahwa Allah selalu memperhatikan

Al-Sayyid Abu Bakar Al-Makki memberikan tips, “Jika Anda hendak shalat, maka jangan lupa bahwa Allah melihat kepada hatimu, mengamati kamu dan sesungguhnya Dia hadir untuk menyaksikan kamu.”

Ada kisah dari Sayyidina Ali ketika ia terkena panah saat berperang. Ali kemudian memerintahkan para sahabat untuk mencabutkan anak panah tersebut saat ia sedang shalat, sehingga Ali tak akan merasakan sakit. Subhanallah sebegitu nikmatnya shalat bagi mereka.

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Salam bersabda:

Sesungguhnya dalam dirimu terdapat dua sifat yang dicintai oleh Allah, yaitu sabar dan tidak tergesa-gesa.” (HR. Bukhari)

Baca Juga:

Satu-Satunya Hal Yang Dapat Membuat Shalat Diterima

Ini Dia Dosa Melewati Orang Yang Sedang Shalat

Apakah Shalat Terancam Batal Saat Punggung Tangan Terlihat

Setan Seperti Anak Kambing Isi Bagian Yang Renggang Dalam Shalat

(Visited 163 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS