Sering Posting Foto Mesra Dengan Pasangan? Sebaiknya Ingat Hal Ini!

649 views Leave a comment
Sering Posting Foto Mesra Dengan Pasangan? Sebaiknya Ingat Hal Ini!

Dailymoslem – Awal-awal menikah memang terasa sangat menyenangkan. Hal romantis yang selama ini harus dijauhi menjadi sesuatu yang halal dan bahkan dianjurkan. Itulah sebabnya, pasangan baru sering terlihat sangat mesra. Ditambah lagi, di dunia yang serba digital seperti saat ini banyak pasangan yang mengunggah kemesraannya ke media sosial sehingga ribuan orang dapat melihat hal itu dengan bebas.

Lalu bagaimana pandangan Islam pamer kemesraan di media sosial?

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa bermesraan bersama pasangan setelah menikah memang sesuatu yang dihalalkan. Namun sebelum mengunggah kemesraan, entah itu untuk pamer atau hanya iseng, ada beberapa hal yang berkaitan dengan aturan Islam yang harus diperhatikan. Berikut pemaparannya.

Malu adalah sebagian dari Iman

Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa Rasulullah Shallallahu Alihi wa Sallam bersabda,

َاْلإِيْمَانُ بِضْعٌ وَسَبْعُوْنَ أَوْ بِضْعٌ وَسِتُّوْنَ شُعْبَةً، فَأَفْضَلُهَا قَوْلُ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ، وَأَدْنَاهَا إِمَاطَةُ اْلأَذَى عَنِ الطَّرِيْقِ، وَالْحَيَاءُ شُعْبَةٌ مِنَ َاْلإِيْمَانُ.

“Iman memiliki lebih dari tujuh puluh atau enam puluh cabang. Cabang yang paling tinggi adalah perkataan ‘Lâ ilâha illallâh,’ dan yang paling rendah adalah menyingkirkan duri (gangguan) dari jalan. Dan malu adalah salah satu cabang Iman. (HR.al-Bukhari)

Dan perwujudan dari rasa malu adalah tidak menunjukkan sesuatu yang tidak selayaknya di depan umum. Termasuk bermesraan yang mengundang perhatian banyak orang.
Menjaga dan menutup aurat
Adakalanya, kemesraan diambil saat pasangan sedang tidak menutup auratnya. Misalnya memperlihatkan sang istri yang sedang memasak dan tidak mengenakan hijab dan lain sebagainya. Meskipun hanya merupakan foto, tapi itu tetap saja mempertontonkan aurat pada khalayak ramai dan termasuk dosa.
Menimbulkan Syahwat
Percaya atau tidak, memperlihatkan foto bermesraan bisa merangsang syahwat seseorang. Apalagi jika foto tersebut memperlihatkan bagian tubuh wanita. Ya, meskipun menurut kita hal itu sangat biasa saja, tapi bisa jadi orang lain menggunakan hal tersebut untuk berbuat dosa.
Menjaga perasaaan mereka yang masih single
Tidak dapat dipungkiri, jika banyak orang yang sudah cuku waktu untuk menikah namun belum di pertemukan jodohnya. Dengan mengunggah foto-foto mesra, maka secara tidak langsung kita akan menyakiti hatinya. Mereka akan meratapi nasib dan akhirnya mungkin menyalahkan takdir.
Dengan memperhatikan hal-hal diatas, maka sudah sepatutnya kita bisa lebih bijaksana lagi dalam melakukan sesuatu. Bukan hanya untuk menjadi hamba yang baik dihadapan-Nya tapi juga menjadi manusia yang saling menjaga hati sesamanya.
Baca juga:
(Visited 1 times, 1 visits today)