Sering Menemukan Ide Di Kamar Mandi? Ini Penjelasan Ilmiahnya

176 views Leave a comment
Sering Menemukan Ide Di Kamar Mandi? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Dailymoslem – Ketika anda sedang dihadapkan pada suatu masalah, kadang solusinya muncul di saat yang tak terduga. Salah satunya adalah saat anda sedang berada di kamar mandi. Ternyata hal tersebut bukan sekedar kebetulan, namun ada penjelasan ilmiahnya.

Seperti disampaikan oleh penulis ‘The Eureka Factor: Aha Moments, Creative Insight, and the Brain’, John Kounios, PhD, bahwa otak pada dasarnya memerlukan situasi yang rileks untuk bisa berpikir lebih intens. Terutama di bagian lobus frontalnya.

Kounios menyebutkan, ketika anda ingin memecahkan masalah, lobus frontal otak menjadi sangat aktif. Nah, saat anda sedang bingung dan memerlukan solusi segera, anda perlu situasi yang sedikit rileks dan istirahat sejenak, jangan memaksakan otak.

“Dengan begitu, aktivitas di lobus frontal akan menurun dan aktivitas di bagian otak lainnya yang disebut anterior cingulate meningkat. Bagian ini memonitor otak untuk mencari ide-ide lain, yang tak ditemukan oleh lobus frontal,” ujar Kounios, seperti dikutip dari Men`s Health, Rabu (23/3/2016).

Itu sebabnya, anda bisa terus-menerus manatap layar komputer selama 40 menit, mencoba untuk mencari solusi dan tetap tidak menemukannya. Namun ketika anda lelah, merasa butuh istirahat dan pergi sejenak, lalu tiba-tiba ide tersebut datang begitu saja.

“Beberapa aktivitas lain yang bisa memancing aktivitas anterior cingulate misalnya berjalan-jalan ringan atau mandi. Situasi apapun yang membuat anda sejenak melupakan masalah tersebut,” terang Kounios, seperti dilansir dari health.detik.com.

 

Baca juga:

Tak Hanya Berpengaruh Pada Kesehatan, Begadang Juga Hilangkan Kecantikan Alami

10 Tes Kesehatan Yang Seharusnya Dilakukan Pasangan Sebelum Menikah

(Visited 1 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS