Rasulullah Bersabda Bahwa Orang Miskin Masuk Surga Lebih Cepat 500 Tahun

260 views Leave a comment
Rasulullah Bersabda Bahwa Orang Miskin Masuk Surga Lebih Cepat 500 Tahun

Dailymoslem – Setiap manusia memiliki jalan hidupnya sendiri-sendiri. Ada yang ditakdirkan menjadi pengusaha kaya ada juga yang hanya hidup sebagai penjual kaki lima. Semunya sama dimata Allah, hanya iman dan takwa yang menjadi pembedanya,

Meski rezeki masih bisa menutup kebutuhan dalam sehari, banyak sekali orang yang mengeluh itu-ini. Bahkan mencerca Allah karena dianggap tak berikan hidup nyaman selayaknya orang kaya di rumah-ruamh besar. Padahal dalam Islam, orang yang dinilai miskin memiliki keutamaan sendiri.

Ya, banyak orang yang berhasil melalui ujian kemiskinan dibandingkan dengan ujian kekayaan. Mereka yang diuji dengan kekayaan malah jatuh pada kesombongan dan sederet dosa-dosa lainnya. Berbeda dengan yang diuji dengan kemiskinan yang lebih mendekat kepada Allah dan menjadikan Allah sebagai satu-satunya penolong kehidupan.

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

Maukah kuberitahu pada kalian siapakah ahli surga itu? Mereka itu adalah setiap orang yang lemah dan dianggap lemah oleh para manusia, tetapi jika ia bersumpah atas nama Allah, pastilah Allah mengabulkan apa yang disumpahkannya. Maukah kuberitahu pada kalian siapakah ahli neraka itu? Mereka itu adalah setiap orang yang keras, kikir dan gemar mengumpulkan harta lagi sombong” (HR. Bukhari no. 4918 dan Muslim no. 2853).

Selain itu, ada hadits Rasulullah yang menyatakan bahwa orang-orang miskin memasuki surga lebih cepat daripada orang kaya.

Orang beriman yang miskin akan masuk surga sebelum orang-orang kaya yaitu lebih dulu setengah hari yang sama dengan 500 tahun.” (HR. Ibnu Majah no. 4122 dan Tirmidzi no. 2353. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)

Namun jangan sampai tidak berikhtiar untuk mencari rezeki yang banyak. Mencari rezeki adalah salah satu ibadah yang harus dilakukan oleh manusia. Hingga pada akhirnya Allah memberikan kasih sayangnya untuk membantu kita keluar dari kesulitan. Hal ini juga menunjukkan bahwa seharusnya kita selalu bersyukur dengan apapun yang terjadi pada kehidupan. Karena Allah lah yang mengetahui apa-apa yang terbaik bagi hamba-Nya.

 

(sumber foto: hafdannir.wordpress.com)

Baca Juga:

Dosa Yang Tak Bisa Digugurkan Dengan Shalat, Dapat Hilang Dengan Cara Ini

Sakit Yang Diterima Dengan Ikhlas Dan Sabar Adalah Penghapus Dosa

Subhanallah, Rasul pun Menangis Melihat Siksa Pedih Atas Wanita Berdosa Di Neraka

(Visited 482 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS