Pentingnya Menagih Hutang Dalam Islam

167 views Leave a comment
Pentingnya Menagih Hutang

Dailymoslem – Terkadang kita merasa sungkan untuk menagih hutang kepada seseorang karena malu atau takut membebani yang berhutang. Namun, ternyata menagih hutang juga penting bukan hanya untuk kebaikan kita sendiri, tapi juga bagi yang berhutang.

Dalam Islam, utang-piutang bukanlah perkara kecil yang mudah ditiadakan. Rasulullah Salallahu ‘alaihi wa Salam sudah mengingatkan untuk memperhatikan pentingnya mengingat hutang.

Rasulullah saw. bersabda,“Terbunuh di jalan Allah menghapus seluruhnya kecuali utang.” (HR Muslim)

Hutang yang terbawa hingga mati akan menjadi beban amal seseorang, bahkan bisa merusak amal shalihnya. Oleh karena itu, di sinilah pentingnya menagih hutang. Bisa jadi orang yang berhutang tersebut sungguh-sungguh lupa untuk membayar hutangnya. Dengan mengingatkannya, kita juga menyelamatkan orang tersebut dari beban dosa hutangnya tersebut.

Namun, hal tersebut bukan kita tidak bisa mengikhlaskan hutang tersebut. Jika seorang muslim ingin mengikhlaskan uang yang dipinjamkannya tersebut, sebaiknya mengatakannya dengan jelas agar. Jika tidak, maka sebaiknya menagihnya hingga hutang tersebut terbayar.

 

(Visited 236 times, 1 visits today)