Nasi Di Rice Cooker Sering Jadi Kuning dan Kering? Coba Lakukan Tips Berikut Ini

358 views Leave a comment
Nasi Di Rice Cooker Sering Jadi Kuning dan Kering? Coba Lakukan Tips Berikut Ini

Dailymoslem – Di zaman sekarang ini, mungkin sudah tidak ada lagi orang yang memasak nasi dengan menggunakan kompor dan panci. Kebanyakan orang sudah beralih pada rice cooker untuk memasak nasi dengan lebih cepat dan mudah.

Namun, memasak nasi menggunakan rice cooker juga memiliki kekurangan tersendiri, yaitu biasanya nasi menjadi kuning dan kering bila dibiarkan di dalam rice cooker dalam waktu yang lama. Nah, agar hal ini tidak terjadi lagi, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan trik-trik tertentu pada saat memasak nasi.

Berikut ini trik yang bisa Anda lakukan pada saat memasak nasi agar nasi tidak menjadi kering dan kuning jika dibiarkan terlalu lama.

  • Pertama, perhatikan batas maksimal memasak nasi di rice¬†cooker, karena memasak nasi terlalu banyak dan melebihi batas volume rice cooker akan menyebabkan proses memasak nasi menjadi tidak sempurna, nasi menjadi terlalu lembek dan akhirnya cepat basi.
  • Kemudian, pastikan Anda juga tidak memasak nasi terlalu banyak sehingga harus menyimpan nasi hingga sehari semalam. Pastikan nasi yang Anda masak di pagi hari bisa habis dalam sekali makan atau setidaknya untuk sehari makan. Jadi, nasi akan selalu fresh setiap harinya.

(Baca juga: 4 Khasiat yang Bisa Didapat dengan Mengurangi Konsumsi Nasi)

  • Jika masih ada nasi yang tersisa di malam hari, pastikan Anda mematikan listrik rice cooker Anda, sehingga nasi tidak terus terpapar udara panas dan menyebabkannya mengering. Keesokan harinya, meski nasi sudah menjadi dingin, tapi¬†masih bisa dibuat nasi goreng karena masih empuk dan tidak kering.
  • Selain itu, pastikan juga Anda menutup rapat rice cooker setiap mengambil nasi. Udara yang keluar masuk dari celah rice cooker yang tidak ditutup dengan rapat akan menyebabkan nasi cepat basi.

(Baca juga: Tips Memasak Nasi Agar Lebih Pulen dan Wangi)

  • Pada saat memasak nasi, Anda bisa menambahkan sedikit perasan air lemon atau daun pandan yang dapat menambah wangi pada nasi. Selain itu, kadar asamnya juga dapat melindungi nasi dari suhu panas.
  • Terakhir, aduk nasi sesaat setelah nasi matang, sehingga uap air yang ada di sela nasi bisa tersebar dengan rata. Hal ini bisa mengurangi resiko nasi jadi cepat kering.

Semoga bermanfaat!

(Visited 7,634 times, 1 visits today)