Miliki Dunia Sendiri Dengan Membuat Terrarium Mini

352 views Leave a comment
terrarium FI

Dailymoslem – Buat kamu pecinta tanaman tapi terkendala dengan luas lahan yang dimiliki, sekarang ada lho media yang bisa dipakai untuk menyalurkan hobi. Terrarium! Salah satu jenis dari vivarium (wadah ekosistem mini) ini sedang banyak digemari.

Ekosistem mini dengan sentuhan artistik didalam botol kaca ini pertama kali di Inggirs ini mulai melejit karena dapat menghadirkan biosfer buatan yang alami. Bayangkan dalam sebuah toples atau botol kita dapat melihat biosfer mini yang menakjubkan.

Biasanya, yang dipakai dalam terrarium ini adalah jenis tanaman succulent. Baby succulent ini juga disandingkan dengan beberapa kaktus unik dan berwarna. Misalnya Gymno, Echeveria lilicana dan lain sebagainya. Nah ini tiga tips yang bisa kamu catat untuk membuat terrarium sendiri.

Tanaman

Karena terrarium biasanya berukuran kecil ke sedang, maka pilih tanaman yang tidak akan tumbuh membesar. Selain itu, taman juga harus cenderung suka dengan kondisi yang teduh dan toleran terhadap kelembapan tinggi. Oleh karena itu, seperti yang dijelaskan diatas biasanya terrarium menggunakan sejenis succulent atau kaktus yang mudah diwarat.

Wadah

Jika kamu memilih wadah yang memiliki tutup, maka sesekali harus dibuka karena udara didalamnya akan sangat lembab. Terrarium tidak harus menggunakan vas atau toples, dengan keterampilan yang tinggi bohlam lampu pun dapat dijadikan wadah.

Tempat penyimpanan

Sebaiknya simpan terrarium di dekat cahaya. Seperti dekat pintu atau jendela. Selain itu suhu juga harus diperhatikan. Jangan sampai terlalu dingin karena terrarium bisa saja beku.

Bahan lain yang diperlukan

Pilih tanah ringan dengan banyak drainase, kemudian kerikil batu yang berukuran kecil sekitar 0,6 cm. selain itu potongan arang aktif juga akan sangat baik untuk wadah uang memiliki lubang drainase. Untuk menyapu kelebihan air, kamu juga membutuhkan lembaran lumut yang berfungsi sebagai spons.

 

(Visited 328 times, 3 visits today)