Masya Allah, Inilah Kelebihan Berdzikir Menggunakan Jemari

137 views Leave a comment
Masya Allah, Inilah Kelebihan Berdzikir Menggunakan Jemari

Dailymoslem – Dzikir menjadi salah satu ibadah yang Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam ajarkan pada umatnya. Meskipun bisa dilakukan setiap saat, namun kebanyakan dari kita sering melakukan dzikir setelah selesai shalat. Adapun bacaan dzikir yang sering digunakan adalah membaca tasbih, tahmid dan takbir.

Untuk mempermudah menunaikan dzikir pun, ada beberapa alat yang bisa digunakan misalnya tasbih yang terbuat dari manik-manik bulat atau tasbih digital yang sudah sangat mudah ditemukan di pasaran. Meski begitu, ternyata dzikir menggunakan jari lebih dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam. Hal itu dapat dilihat dari beberapa riwayat yang menerangkan tata cara Rasulullah berdzikir.

Dari Abdullah bin Amr, ia berkata:

رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَعْقِدُ التَّسْبِيحَ بِيَدِهِ

Aku melihat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menghitung tasbih.” (HR. Abu Dawud, Al-Tirmidi, Al-Nasai, dan lainnya. Lafadz milik Al-Tirmidzi)

Dari Yusairah binti Yasir Radhiyallahu ‘Anha –salah seorang wanita muhajirah- berkata: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah bersabda kepada kami,

عَلَيْكُنَّ بِالتًّسْبِيحِ، وَالتَّهْلِيلِ، وَالتَّقْدِيسِ، وَاعْقِدْنَ بِاْلانَامِلِ فَإِنَّهُنَّ مَسْؤُلاتٍ مُسْتَنْطَقَاتٍ، وَلا تَغْفُلْنَ فَتَنْسَيْنَ الرَّحْمَةَ‏

Hendaknya kalian bertasbih, bertahlil, dan bertaqdis (mensucikan). Dan hitunglah dengan jari jemari, karena itu semua akan ditanya dan diajak bicara, janganlah kalian lalai yang membuat kalian lupa rahmat.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, Al-Tirmidzi, dan selainnya)

Masya Allah, dengan mengetahui keutamaan berdzikir menggunakan jari ini semoga kita semakin terpacu untuk terus mengingat Allah kapan pun dimana pun kita berada.

Baca Juga:
(Visited 249 times, 1 visits today)