Masih Lapar Setelah Makan Banyak? Mungkin Ini Penyebabnya

808 views Leave a comment
Nah, untuk itu ketahui faktor apa sih yang membuat kamu merasakan lapar terus menerus. Dengan mengetahuinya kamu mungkin bisa meminimalisirnya atau bahkan menghentikannya.

Dailymoslem – Tubuh memang memiliki kemampuan untuk memberikan sinyal pada otak saat salah satu bagiannya mengalami masalah. Misalnya saja, lapar. Perut keroncongan, tubuh yang tiba-tiba lemas menajadi beberapa tanda bawa tubuh memerlukan asupan energi berupa makanan.

Sayangnya, kerap kali otak dibuat kebingungan karena beberapa masalah dalam tubuh memiliki gejala yang sama dengan lapar. Nah jika kita salah tanggap, maka hal ini akan berpengaruh pada kenaikan berat badan. Nah untuk itu, penting bagi kita mengetahui mengapa tubuh merasa lapar padahal baru saja mengkonsumsi makanan.

Ternyata kita haus bukan lapar

Suatu saat, kita pernah merasa lapar padahal baru saja melahap seporsi makan siang. Sebelum berpikir untuk menambah porsi, sebaiknya minum dulu segelas air. Jangan-jangan kamu hanya haus bukannya masih lapar.

Pada saat tubuh tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup, tubuh akan seolah olah membuat rasa haus tersebut menjadi rasa lapar yang sangat mengganggu. Tubuh yang dehidrasi atau kekurangan minum akan mengirimkan sinyal-sinyal reaksi yang membingungkan hypothalamus (bagian dari saraf otak yang berfungsi mengatur hormon nafsu makan), sehingga memunculkan perasaan untuk makan seperti mengunyah camilan padahal sebenarnya yang diperlukan tubuh hanyalah mengkonsumsi segelas air putih.

Butuh tidur

Leptin -sebuah hormon yang bertugas mengkontrol nafsu makan- akan meningkat drastis saat tubuh kekurangan waktu tidur. Karen Ansel, RD, seorang ahli diet dari Amerika mengemukakan bahwa hormon inilah yang membuat kita terus merasa lapar padahal tubuh telah menerima pasokan makanan yang cukup.

Makan dengan terburu-buru

Pernahkah kamu merasa cepat kenyang saat makan bersama teman di sebuah kafe? Saat itu sambil menikmati makanan Anda juga memperbincangkan sesuatu yang seru, sehingga tak terasa Anda makan dengan sangat lambat.

Pencernaan membutuhkan proses yang cukup lama untuk menyerap semua nutrisi. Oleh karena itu saat menghabiskan satu porsi makanan dengan sangat cepat, perut tidak langsung memberikan sinyal kenyang.

Maka dari itu, tata cara makan ala Rasulullah adalah jawaban yang sangat tepat untuk hal ini. Dengan menguyah makanan hingga 30 kali, makan tubuh akan mempunyai waktu yang cukup untuk memberikan respon.

Mengalami stress

Saat stress, pikiran memang jadi lebih kalut ya. Banyak orang yang biasanya terbiasa untuk memilah makanan jadi malas untuk melakukannya karena emosi yang tidak dapat dikontrol. Saat itulah kita merasa lapar terus menerus.

Setelah mengetahui penyebab rasa lapar yang terus-menerus ini, sudah tentu terus makan bukanlah hal yang baik. Perbaiki masalahnya dan gangguan pun akan segera hilang.

(Visited 1 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]