Makanan yang Sebaiknya DIhindari Ketika Masa Menyusui

100 views Leave a comment
Pose-Pose Yoga Yang Efektif Redakan Pegal Setelah Menyusui

Dailymoslem – ASI merupakan hal yang sangat penting untuk nutrisi bayi. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa bayi yang tidak kekurangan ASI memiliki risiko yang jauh lebih rendah untuk terkena sebuah penyakit, seperti virus, infeksi telinga dan gangguan pada pencernaannya.

Namun begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh ibu menyusui. Salah satunya dalah asupan makanan yang dipilih. Di bawah ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari ketika sedang dalam masa menyusui.

Makanan Pedas

Bagi sebagian orang, rasa pedas memang menambah napsu makan. Namun, hal ini tidak baik untuk kesehatan bayi yang sedang disusui karena akan mengganggu sistem pencernaannya. Oleh karena itu akan lebih bijaksana jika makanan pedas dikurangi atau bahkan dihentikan.

Minuman bersoda dan kopi

Sudah seharusnya ibu hamil dan menyusui menghindari kedua jenis minuman ini. Penelitian menyebutkan bahwa sekitar 99% kafein yang dikonsumsi akan langsung diserap oleh tubuh dan didistribusikan melalui darah termasuk kedalam ASI.

Orang dewasa membutuhkan waktu 5-6 jam untuk mengeluarkan zat kafein sedangkan bayi membutuhkan waktu yang lebih lama yaitu 14 jam. Oleh karena itu sebaiknya minuman tersebut benar-benar dihindari.

Brokoli

Sayuran ini memang menyehatkan tubuh, namun brokoli dapat membuat bayi mulas dan sering buang angin karena kembung. Hal ini akan menimbulkan ketidaknyamanan pada bayi, jadi lebih baik dihindari dan memilih sayuran lain seperti wortel.

(Visited 177 times, 3 visits today)