Makan Sedikit Tapi Berat Badan Terus Naik? Mungkin Ini Penyebabnya..

914 views Leave a comment
Makan Sedikit Tapi Berat Badan Terus Naik? Mungkin Ini Penyebabnya..

Dailymoslem – Ajaib dan menyebalkan. Ya dua kata itu sepertinya muncul dikepala saat melihat angka timbangan naik, padahal porsi makan kita akhir-akhir ini berkurang hampir setengahnya.

Ternyata, naiknya berat badan tidak hanya diakibatkan oleh banyaknya jumlah makanan yang dikonsumsi. Jadi, tidak aneh jika angka timbangan terus meningkat meskipun makan hanya setengah porsi orang dewasa. Berikut ini beberapa hal yang berkontribusi pada kenaikan berat badan.

Pilihan makan yang salah

Ah, padahal ga makan. Cuma makan bakwan aja delapan biji. Iya sih porsi makan memang sedikit, tapi kalori yang dikandung dalam makanan tersebut lebih dari cukup. Misalnya junk food, atau setengah porsi nasi goreng kambing penuh lemak.

Kalauini terus-terusan kamu lakukan. Bukannya tubuh makin kurus, tapi malah sebaliknya. Kamu merasa lapar terus-terusan tapi sebenarnya kalori sudah sangat tercukupi. Jadi, sebaiknya konsumsi makanan yang membuat lebih lama kenyang seperti oatmeal atau kacang-kacangan  lainnya.

Waktu Tidur Sangat Kurang

Waktu tidur juga sangat berpengaruh pada kenaikan berat badan lho. Makanya banyak sekali ahli gizi yang menganjurkan untuk tidur cukup setiap malam. Saat tidur tercukupi dan badan istirahat dengan baik, hormon lepthin dan ghrelin akan bekerja dengan baik. Jika tidak, maka hormon-hormon tersebut akan membuat kamu cepat lapar.

Kamu Sepertinya Sedang Stress

Saat stress hormon dalam tubuh akan terganggu. Misalnya, kortisol, hormon stres yang meningkat saat kita sedang stres. Dan peningkatan hormon kortisol ini bisa menyebabkan penumpukan lemak di bagian perut. Sebagai info tambahan, orang yang punya berat badan proporsional pun bisa mengalami penumpukan lemak di perut karena stres.

Mengidap Penyakit Hipotiroidisme

Jika makanan sudah benar-benar dipilih, waktu tidur cukup dan kamu sama sekali tidak sedang stress, bisa jadi kamu mengidap Hopotiroidisme. Penyakit hipotiroid atau hipotiroidisme ini merupakan kondisi di mana kelenjar tiroid kurang aktif dan gagal untuk mengeluarkan cukup hormon ke dalam aliran darah. Kelenjar tiroid ini berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh. Jadi kalau kelenjar tiroid bermasalah, maka berat badan tubuh bisa sulit untuk dikendalikan. Jangan khawatir, segera hubungi dokter dan kamu akan segera mendapatkan perawatan agar penyakitmu bisa sembuh ^^

 

(Visited 1 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]